Bulan Ramadan merupakan bulan penuh rahmat. Para Moms mungkin menjadi lebih bersemangat setiap hari di bulan Ramadan. Ada tradisi yang sering dinantikan oleh keluarga yakni kegiatan makan sahur bersama-sama.Biasanya para Moms akan bangun lebih dulu untuk menyiapkan menu sahur. 

Ketika sahur tentunya Moms akan memilih jenis makanan yang baik juga bernutrisi agar Moms maupun seluruh keluarga yang akan berpuasa hari ini tetap bersemangat menjalani kegiatannya masing-masing. Tetapi tahukah Moms, terdapat beberapa jenis sajian yang tidak baik dikonsumsi saat sahur. Berikut adalah beberapa jenis makanan  yang mungkin harus Moms hindari ketika menyiapkan sahur untuk keluarga :

Sosis 

Meskipun Sosis adalah salah satu lauk yang sering kali dikonsumsi saat sarapan, namun  sosis bukanlah pilihan makanan bergizi yang harus dihindari saat sahur. Sosis cenderung tinggi natrium, tinggi lemak jenuh dan tinggi kalori. Olahan daging seperti sosis sering kali dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kronis dan kanker. Sebagai sumber protein Moms bisa memilih telur, kacang-Kacangan dan daging. 

Minuman Berkafein 

Ketika mendengar kata “kafein” sangat mungkin Moms akan memikirkan kopi sebagai salah satu minuman yang mengandung kafein. Tetapi tahukah Moms,  bahwa teh juga mengandung kafein di dalamnya. Minuman yang mengandung kafein jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan dehidrasi. Hal ini berkaitan dengan tugas kafein yang berperan sebagai antagonis reseptor adenosin dan mengurangi reabsorpsi natrium oleh sel.

Sereal 

Semangkuk sereal untuk memulai hari. Mungkin kalimat ini sering kali Moms dengar,  tetapi saat bulan Ramadan dimana kita harus berpuasa lebih dari 10 jam, maka sereal bukan merupakan pilihan yang tepat sebagai sajian saat sahur. Sereal umumnya terbuat dari tepung dan sangat rendah serat. Selain rendah serat, sereal juga tinggi gula dan rendah protein. Sehingga Moms perlu mempertimbangkan kembali jika ingin menyajikan sereal  sebagai makanan sahur. 

Olahan Tepung 

Olahan tepung disini termasuk berbagai jenis roti, muffin dan lainnya. Olahan tepung cenderung mengandung tinggi kalori serta rendah kandungan protein dan serat. Makanan yang mengandung sedikit protein dan serat tidak akan membuat Moms merasa kenyang untuk waktu yang lama.

Jus Buah Kemasan 

Kita semua tahu bahwa jus merupakan salah satu sajian sehat tinggi nutrisi tetapi jika jus buah kemasan di pasaran cenderung mengandung gula yang tinggi. Jus buah kemasan mungkin akan membuat Moms merasa bersemangat secara instan tetapi juga cepat menyebabkan dehidrasi karena kandungan gula yang tinggi di dalamnya. 

Makanan sahur yang dianjurkan adalah makanan  yang memiliki nutrisi tinggi dan mampu memberikan energi yang cukup untuk bertahan sepanjang hari.