Permainan sensorik atau lebih dikenal dengan istilahnya sensory play adalah cara yang sederhana dan menyenangkan bagi anak-anak untuk mengeksplorasi berbagai indera, gerakan, keseimbangan, dan lainnya dalam suasana yang tidak terstruktur. 

Secara alami, anak-anak mengeksplorasi tekstur, rasa, suara, dan bau melalui pembelajaran langsung, yang membantu membangun keterampilan kognitif. Anak-anak menggunakan kelima indera mereka yakni penglihatan, pengecap, peraba atau sentuhan, penciuman, dan pendengaran.

Sejak lahir, anak belajar dengan mengeksplorasi dunia di sekitarnya. Sementara mereka dikelilingi oleh rangsangan sensorik dari sekitarnya, kita juga dapat mengatur aktivitas bermain sensorik untuk lebih mendukung perkembangan mereka dan mendorong untuk permainan terbuka, kreatif, dan berantakan. 

Dalam bukunya Sensory Play for Toddlers and Preschoolers, Casey Patch menerangkan bahwa untuk permainan sensorik tidak harus menghabiskan banyak waktu dan menggunakan barang yang mahal.  

Patch menyebutkan permainan sensorik bukanlah sesuatu yang mewah. Media permainannya bisa Anda temukan di rumah. Bisa saja dengan beras warna-warni, air yang diwarnai, slime, lumpur imitasi yang dibuat dari tepung, atau bahkan playdough atau plastisin buatan sendiri. Moms bisa membuatnya sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di dapur. Coba praktikkan beberapa resep di bawah ini, ya! 

Rainbow Rice 

Untuk mewarnai beras dengan berbagai warna, Moms bisa menyiapkan beras sebanyak 1 kg atau lebih. Gunakan sesuai kebutuhan Moms untuk bermain dengan si Kecil ya. Bahannya adalah:

- Beras 1 kg 

- Pewarna makanan (merah, oranye, kuning, hijau, dan biru) 

- Cuka masak (bisa dipakai atau tidak) 

Cara membuatnya, Moms bagi berasnya menjadi 5 bagian, masing-masing seberat 200 g. Simpan ke dalam wadah terpisah. Kemudian tuangkan beberapa tetes ke dalam wadah lalu beri cuka masak 1-2 tetes saja. Aduk sampai warnanya rata di seluruh bagian beras. Penggunaan cuka masak di sini untuk membuat warna pada beras lebih awet. Setelah selesai diwarnai semuanya, jemur beras di bawah sinar matahari sampai kering atau sampai bau cukanya hilang. 

Lumpur Buatan 

Moms ingin mengajak si kecil main lumpur tapi khawatir kalau mengajaknya keluar? Atau justru tak banyak menemukan tanah berlumpur di sekitar rumah? Tenang, Moms bisa membuat lumpur sendiri di rumah. Bahan yang perlu Moms siapkan adalah: 

- Tepung (bisa menggunakan jenis tepung apa pun) 

- Pewarna cokelat 

- Air 

- Wadah besar yang bisa diinjak oleh si kecil 

Cara membuatnya adalah tuangkan tepung ke dalam wadah besar. Kemudian beri beberapa tetes pewarna cokelat. Setelah itu tuangkan air perlahan-lahan sambil diaduk sampai mendapatkan tekstur seperti lumpur. Tadaaa … lumpur buatan pun telah jadi! Si kecil bisa bermain lumpur di rumah. Gampang, kan Moms?