Sarapan pagi dengan menu yang itu-itu saja tentunya membosankan ya Moms. Seringkali menu sarapannya juga yang tinggi kalori dan lemak, seperti nasi goreng dan gorengan. Kasihan juga perutnya,  pagi-pagi sudah diisi dengan makanan yang kurang menyehatkan. Terbesit ide untuk membuat olahan ubi ungu.  Selain nikmat, ubi juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, mulai dari menjaga berat badan hingga menurunkan tekanan darah tinggi. 

Ubi ungu banyak ditemukan di Asia dan Afrika. Memiliki rasa manis dan aroma yang wangi. Seperti halnya nasi dan roti, ubi ungu juga termasuk sumber karbohidrat kompleks. Ubi juga mengandung serat, vitamin termasuk vitamin B3, B6, C, dan folat, serta kalium dan magnesium. Kandungan nutrisi yang tinggi ini membuat umbi-umbian termasuk ubi ungu memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. 

Berikut adalah beberapa manfaat ubi ungu yang perlu Moms ketahui, yaitu: 

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi 

Ubi ungu memiliki kadar kalium dan asam klorogenik yang tinggi. Zat ini dinilai mampu mengurangi tekanan darah tinggi. 

  1. Menjaga berat badan

Dalam sebuah penelitian kecil terhadap pasien obesitas disimpulkan bahwa menambahkan dua porsi ubi ungu setiap hari selama satu bulan,  idak akan membuat berat badan naik. 

  1. Anti kanker 

Ubi berwarna, seperti ubi ungu, memiliki jumlah komponen antikanker yang tinggi. Sekali lagi, ini berkat antioksidan yang kerap kali dikaitkan dapat mengurangi risiko kanker. Asupan makanan yang kaya antioksidan, seperti karotenoid, dapat menetralkan radikal bebas sehingga menurunkan risiko kanker lambung, ginjal, usus besar, dan payudara. 

  1. Antiradang (Antiinflamasi) 

Mengonsumsi ubi ungu diduga mampu mengurangi risiko peradangan atau inflamasi, dan menyeimbangkan radikal bebas yang mampu merusak sel-sel tubuh. 

Itulah beberapa manfaat dari ubi ungu yang dapat Moms rasakan .Yuk sekali-kali buat sarapan bergizi, enak dan lembut dari ubi ungu. 

Smoothies ubi ungu (2 porsi)

Bahan: 

100-200 gr ubi ungu, kukus hingga empuk. 

200 ml susu almond (Ini sesuai selera ya, jangan terlalu encer) 

2 sdm madu 

1/2 sendok teh garam 

1 sdm olive oil (bisa skip) 

Topping sesuai selera: Bisa sayuran kukus, kalau saya memasukkan  brokoli, wortel dan telur sebagai topping. Buah-buahan atau keju parut dan kacang kacangan. 

Cara membuat: 

  1. Masukan semua bahan ke dalam blender dan lumatkan hingga lembut
  2. Tuang ke dalam mangkuk dan beri topping sesuai selera. Jika kurang manis, bisa ditambahkan madu untuk topping. 

Jika ingin membeli dan mendapatkan manfaat ubi ungu, hindari yang memiliki bercak hitam seperti memar, area yang lunak atau lembek, berkeriput atau berkecambah, karena rasanya kurang manis.