Memasuki akhir tahun, biasanya cuaca akan bergeser ke musim penghujan. Namun, akhir-akhir ini cuaca yang memanas sepertinya menjadi penanda musim kemarau akan berlangsung lebih lama. 

Nah, supaya tidak dehidrasi di cuaca yang panas, kebutuhan cairan si Kecil harus ditingkatkan. Tapi kadang membuat anak agar mau minum air putih butuh sedikit perjuangan. Untuk si kecil yang sulit minum cairan, olahan buah yang mengandung banyak cairan bisa jadi alternatif nih Moms untuk mencukupi kebutuhan cairannya. Tapi enaknya diolah apa, ya? Moms bisa sontek resep olahan buah untuk camilan anak berikut ini sebagai inspirasi. 

RESEP SORBET SEMANGKA 

Bahan: 

3 ½ cup semangka merah potong dadu, kira-kira setengah buah semangka ukuran sedang 

2 sdt perasan jeruk nipis segar

¼ cup air hangat, atau lebih sesuai kebutuhan 

Madu mentah secukupnya, kalau semangkanya sudah manis bisa dihilangkan 

Cara membuat: 

Bekukan semangka potong semalaman. Masukkan semangka, perasan jeruk nipis, dan madu ke dalam food processor atau blender. Biarkan 5 menit untuk mencairkannya sedikit. Tambahkan air sedikit demi sedikit dan lumatkan sampai halus. Moms mungkin harus sedikit mendorongnya dengan spatula agar semua semangka terlumat sempurna. Bisa dimakan langsung jika suka dengan tekstur yang lembut atau bisa disalin ke wadah dan dibekukan 3-4 jam hingga memadat. 

Camilan sorbet ini bebas dari gula tambahan tapi rasanya lezat seperti es krim, sehingga resep olahan buah untuk camilan anak satu ini biasanya sangat disukai. Semangka yang mengandung 92% air cocok untuk membantu memenuhi kebutuhan cairan anak yang sulit minum. Apalagi di cuaca panas, sorbet semangka ini akan terasa menyegarkan.

Walaupun banyak mengandung air, jangan salah Moms, semangka mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh lho, Moms. Di dalam semangka terdapat mineral magnesium dan kalium, juga kaya vitamin A dan C yang dibutuhkan untuk membangun kekebalan tubuh yang baik. 

Tidak hanya bernutrisi, semangka juga bisa membantu ketika si Kecil mengalami sembelit. Kandungan airnya yang tinggi akan membantu si kecil untuk lebih mudah defekasi. Camilan semangka ini juga cocok untuk Moms yang sedang mengalami radang sendi. Pasalnya, buah semangka mengandung vitamin C, vitamin B6, antioksidan, beta karoten, selenium, dan zinc yang dapat membantu menghilangkan nyeri dan kaku pada otot. 

Nah, tidak hanya lezat, sorbet semangka ini juga punya banyak manfaat untuk seluruh anggota keluarga. Bagaimana, Moms, tertarik mencoba?