Vitamin D adalah vitamin yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya untuk kesehatan tulang, vitamin D juga berperan dalam imunitas dan kesehatan mental. Iya benar, Moms, kekurangan vitamin D tidak hanya berimbas negatif pada gangguan fisik, tetapi juga meningkatkan risiko depresi.  Wah, kalau begitu apa saja sumber alami vitamin D yang bisa kita gunakan untuk memenuhi asupan yang dibutuhkan tubuh? 

Matahari 

Vitamin D berbeda dari vitamin lainnya, bahkan sebenarnya dia adalah hormon steroid yang dihasilkan tubuh dari kolesterol ketika kulit kita terpapar sinar matahari. Tidak heran vitamin D disebut “Vitamin Matahari” ya, Mom. Rutin berjemur dengan banyak kulit terekspos tanpa sunscreen dapat membantu meningkatkan level vitamin D. 

Salmon 

Ikan yang satu ini merupakan salah satu sumber alami vitamin D. Dalam 100 gr ikan salmon liar, mengandung sekitar 988 iu vitamin D. Sementara salmon ternak hanya mengandung sekitar 250 iu. 

Sarden 

Ikan sarden adalah ikan lainnya yang mengandung banyak vitamin D. Satu kaleng sarden mengandung sekitar 177 iu. 

Tuna kaleng 

Dalam satu porsi tuna kaleng 100 gr, mengandung sekitar 268 iu vitamin D. Sayangnya tuna kaleng juga mengandung racun methylmercury, jadi sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu sering ya, Moms.

Baca Juga: Tanda Anak Kekurangan Vitamin dan Nutrisi

Kuning telur 

Kuning telur adalah salah satu sumber alami vitamin D yang mudah didapat. Satu kuning telor mengandung sekitar 37 iu vitamin D. 

Jamur 

Meskipun jamur adalah sumber alami vitamin D yang bisa mencapai 2000 iu vitamin D per 100 gram-nya, tetapi jenis vitamin yang dimilikinya adalah D2 yang lebih sulit diserap tubuh kita ketimbang D3 yang berasal dari sumber hewani, Moms. 

Nah, ternyata menurut penelitian nih Moms, 50% populasi dunia ini kekurangan vitamin D, dan untuk mengejarnya hanya dari sumber alami akan sulit, sehingga disarankan untuk melakukan suplementasi. 

Berapa banyak sih yang kita butuhkan sehari? Menurut U.S. National Academy of Medicine, konsumsi vitamin D 4000 iu per hari aman untuk orang dewasa, dan dosis yang lebih tinggi kemungkinan dibutuhkan untuk yang levelnya lebih rendah. Untuk dosis yang lebih tepat, sebaiknya lakukan cek darah ya, Moms, untuk si Kecil dan Dads juga. Sementara itu, jangan lupa mandi matahari setiap harinya!

Baca Juga: Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D