Di tengah pandemi COVID19 seperti sekarang, kita menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, menghindar dari bepergian dan berkerumunan. Banyaknya waktu di rumah ini membuat banyak orang tertarik untuk berkebun sebagai pengisi waktu dan pengusir kebosanan. Apakah Moms juga termasuk yang mulai mencoba berkebun? 

Tahukah Moms, berkebun tidak hanya bisa menjadi hobi yang menyenangkan, melainkan juga punya banyak manfaat kesehatan. Dalam sebuah meta analisis pada tahun 2017 oleh Masashi Soga, Kevin J. Gaston, dan Yuichi Yamaura, ditemukan bahwa berkebun dapat mengurangi depresi, gangguan kecemasan, indeks massa tubuh, dan juga meningkatkan kepuasan dan kualitas hidup serta perasaan terhubung dengan komunitas. Wah, tidak hanya bisa membantu kita untuk tetap aktif secara fisik, ternyata dampaknya pada kesehatan mental sangat bagus ya, Moms. 

Nah, untuk Moms yang bingung ingin mulai berkebun di rumah, tapi tidak punya lahan tanah yang besar, tanaman hidroponik bisa jadi pilihan nih.  Menanam dengan hidroponik artinya menggunakan media tanam air sebagai media tumbuhnya tanaman. Mungkin Moms jadi bertanya-tanya, apa saja sih tanaman hidroponik yang mudah ditanam di rumah? Mari kita simak ulasannya berikut ini. 

Bayam 

Tanaman bayam baik hijau maupun merah sama-sama cocok untuk ditanam secara hidroponik. Masa tanamnya sekitar 20-25 hari hingga bisa dipanen. 

Kangkung 

Salah satu sayuran yang umum ditumis ini juga bisa dibudidayakan melalui hidroponik lho, Moms. Tapi yang bisa ditanam secara hidroponik adalah jenis kangkung darat. Sama seperti bayam, kangkung bisa dipanen setelah 20-25 hari.

Selada 

Sayuran yang cocok dijadikan salad ini juga termasuk tanaman hidroponik yang mudah ditanam di rumah. Salada punya banyak jenis, namun yang umum ditanam secara hidroponik adalah selada daun longgar, selada romaine, dan selada kepala renyah. Selada ini sebaiknya tidak dipanen terlalu tua ya, Moms, karena rasanya akan pahit. Umumnya dipanen pada usia 30-40 hari pasca pembenihan. 

Nah, bagaimana, adakah tanaman di atas yang membuat Moms tertarik untuk mencoba menanamnya dengan sistem hidroponik?