Hari Raya Idulfitri sangat berarti bagi kita. Saat yang selalu kita nantikan untuk berkumpul dan merayakan bersama keluarga. Namun pandemi COVID-19 yang belum menunjukkan penurunan yang signifikan, membuat pemerintah mengeluarkan peniadaan mudik. 

Sedih rasanya tidak bisa balik kampung untuk berkumpul dengan orang tua atau keluarga besar. Tapi, Moms cobalah kita menghargai larangan ini sebagai langkah untuk kebaikan bersama.

Lagipula banyak cara Moms tetap menjalin kedekatan dan merayakan Lebaran bersama teman dan keluarga Anda, meskipun jarak fisik terpisah, seperti di bawah ini: 

Bagikan kue kreasi Moms

Dedikasikan waktu ekstra yang Moms miliki untuk berkreasi untuk dapur! Moms bisa membeli bahan-bahannya lewat pemesanan di marketplace atau kontak toko langganan. Buatlah kue-kue favorit lebaran yang mudah dan yummy

Ajak si kecil untuk berkreasi dengan kue buatannya. Kirimkan kepada sang nenek atau kakek sebagai “Kue spesial dari Cucu tercinta.”

Tetap chic di hari Raya 

Lebaran Moms dan keluarga tahun ini mungkin hanya di rumah. Tapi  jangan di hari istimewa ini hanya memakai daster atau kaos lusuh. Kenakan busana terbaik bagi Moms dan keluarga. 

Jika ada kelebihan uang, boleh lho belanja baju lebaran. Tinggal klik di ponsel atau laptop, Moms bisa belanja daring beragam pilihan busana lebaran. Moms pun bisa memesankan busana untuk orang tua atau saudara tercinta yang langsung diantar ke rumah mereka. Meskipun jauh dari orang yang dicintai, Moms tetap bisa berbelanja bersama dan mendapatkan busana yang serasi seperti yang biasa Moms lakukan di tahun-tahun sebelumnya

Di hari Lebaran jangan lupa tetap berdandan. Tampilkan wajah cantik dan kebahagiaan Moms bersama anak dan suami saat tatap muka secara online bersama orang tua dan keluarga. Bagikan keceriaan saat saling mengucapkan “Selamat Hari Raya”.

Ajari orang tua dan para tetua teknologi bertatap muka secara daring

Jembatani jarak fisik dengan teknologi. Ajak orang tua, kakek nenek, dan kerabat senior dalam keluarga Moms untuk belajar cara melakukan tatap muka secara online, seperti video call, zoom atau google meeting. Pastikan untuk bersabar, pelan-pelan dan lakukan langkah demi langkah. Dan beberapa kali uji coba tentunya.

Pahami bahwa tidak semua orang, apalagi bagi yang berusia senior, untuk mengerti dan merasa nyaman dengan teknologi yang baru. Kerja keras Moms ini pasti akan terbayar saat melihat wajah ceria dan mendengar suara mereka di layar Moms.

Rumah pun bersolek 

Alirkan hawa Lebaran dengan dekorasi ala-ala Idul Fitri. Moms  dapat berbelanja dekorasi rumah atau membuatnya sendiri. Selain untuk menaikkan keceriaan Lebaran di rumah, juga berfungsi ganda sebagai aktivitas seni dan kerajinan yang menyenangkan bersama anak-anak. Belajar membuat ketupat dari kertas, atau bahkan bisa membuat kartu ucapan DIY Hari Raya  untuk dikirimkan kepada keluarga dan  teman. Cek di YouTube untuk langkah pembuatannya. 

Dekorasi ini bisa menjadi latar cantik untuk membagikan kebahagiaan Lebaran saat melakukan komunikasi online bersama keluarga nanti.

Belajar memasak hidangan favorit 

Cari tahu resep memasak hidangan favorit Lebaran. Moms bisa meminta dari ibu Anda, berikut step by step cara memasaknya. Persiapkan pesta untuk orang yang Moms cintai di rumah untuk merayakan Hari Raya. 

Jika Moms tidak yakin dengan rasa masakan sendiri?  Boleh juga memilih memesan makanan ini. Di masa pandemi ini  bertebaran penawaran aneka ragam  masakan di online. Mulai dari rendang, sambal ati ayam, bahkan paket lengkap  menu untuk Lebaran.  Pesanlah dari pembuat yang bisa dipercaya, misalnya dengan melihat diskusi atau foto-foto dari pemesan sebelumnya. Lebih baik lagi jika berdasarkan rekomendasi dari teman atau kerabat . Dengan cara ini Moms dapat merayakan Lebaran di rumah dan menikmati hidangan favorit Lebaran tanpa keluar rumah atau membuat kekacauan di dapur.

Kirim hadiah kejutan 

Meskipun Moms tidak dapat bertemu mereka secara fisik, Moms tetap dapat menunjukkan kepada keluarga dan teman bahwa Moms memikirkan mereka. Berikan hadiah kejutan yang akan membuat mereka tersenyum. Hadiah paling mudah adalah memberikan kue atau masakan favorit Moms. Tapi, hadiah ini bisa juga berupa barang unik dan lucu barang yang berkaitan dengan kegiatan favorit mereka. Seperti Moms mengirimkan lilin wangi yang cantik untuk menebarkan bahagia, atau mengirimkan pot cantik berisi bunga anggrek atau tanaman indah lainnya.