Menghadapi badai wabah pandemik COVID-19 yang sedang merebak di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia, membuat orang-orang menjadi cemas. Ditambah lagi dengan himbauan social distancing, physical distancing atau swakarantina, membuat perasaan campur aduk antara stres dan khawatir. Padahal, salah satu cara untuk menjaga imunitas tubuh tetap kuat adalah dengan menjaga kesehatan mental. Namun, tidak bisa dipungkiri, sulit rasanya  untuk tetap tenang di saat seperti ini. Agar stres tidak berlanjut, cobalah menenangkan diri sejenak. Bila sulit melakukan seorang diri, berikut beberapa aplikasi yang dapat membantu Moms menenangkan diri. Aplikasi-aplikasi berikut bisa Moms unduh secara gratis di smartphone. 

Meditation Games

Aplikasi ini menawarkan games yang bisa membantu Moms untuk relaksasi, seperti dengan perintah untuk mengambil napas. Tersedia dalam banyak mode berbeda seperti, awareness, existence love, silence meditation yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Aplikasi ini juga dapat digunakan bagi Moms yang baru mencoba meditasi untuk pertama kali. Oh iya, aplikasi ini  dilengkapi juga dengan soundtrack-soundtrack yang menenangkan.

Insight Timer

Insight Timer merupakan aplikasi meditasi yang hingga kini telah digunakan oleh lebih dari 6 juta orang di berbagai belahan dunia. Berisi lebih dari 25.000 pilihan meditasi dari sekitar 3.000 guru. Melalui aplikasi Moms akan merasa seperti menjadi bagian dari suatu komunitas besar. Moms juga dapat melihat berapa banyak orang di dunia yang sedang meditasi bersama kita, bahkan bisa melihat orang-orang terdekat yang sama-sama meditasi dan mengecek lagu apa yang mereka dengarkan. Aplikasi ini juga memungkinkan Moms untuk memilih guru dengan berbagai topik seperti stres, kreativitas, hubungan, dan masih banyak lagi.

Smiling Mind

Aplikasi dengan interface yang lucu dan menarik ini berisi ratusan program meditasi yang disusun berdasarkan program terstruktur. Moms bisa bebas memilih untuk mulai dari sesi mana atau lompat ke program satu ke lainnya. Aplikasi ini juga tersedia untuk para pendidik, anak-anak dan remaja dengan berbagai usia yang dikembangkan dengan bantuan para ahli psikologi dan kesehatan. Moms bisa coba aplikasi ini bareng Si Kecil, lho!

Stop, Breathe & Think

Mempunyai aplikasi ini membuat Moms memiliki teman yang selalu peduli. Setiap membuka aplikasi, Moms akan ditanya kabar serta menilai tubuh dan pikiran Moms dari skala terendah hingga tertinggi. Kemudian, aplikasi akan merekomendasikan video yang cocok dengan perasaan Moms pada hari itu. Tak hanya itu, aplikasi ini juga mencatat perasaan Moms dari waktu ke waktu, sehingga akan membantu Moms untuk mengendalikan emosi. Menarik, bukan?