Di saat musim wabah penyakit seperti saat ini, selain menerapkan social distancing dan rajin mencuci tangan, ketahanan tubuh juga wajib dijaga. Daya tahan tubuh memiliki peran penting, ketika tubuh sehat dan imunitas tubuh kuat, bisa mencegah virus-virus penyakit datang menyerang.  Berikut adalah langkah-langkah mudah yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh.

1. Tetap aktif dan olahraga rutin

Walaupun aktivitas di luar rumah saat ini sedang dibatasi, Anda tetap bisa berolahraga di rumah. Anda bisa memanfaatkan halaman rumah atau peralatan olahraga yang tersedia di rumah. Bermain basket atau bulu tangkis bersama anak atau keluarga bisa menjadi salah satu pilihan menyenangkan, Anda bisa berolahraga sekaligus mendapat kebutuhan sinar matahari harian untuk tubuh. Berolahraga akan membuat sirkulasi antibodi dan sel darah putih tubuh lebih cepat, sehingga dapat mendeteksi virus-virus yang masuk ke tubuh lebih cepat. 

2. Hindari stres berlebihan

Ada korelasi yang kuat antara sistem imun dan kesehatan mental. Ketika Anda berada di bawah tekanan dan stres, tubuh akan mengeluarkan hormon stres yang akan menekan sistem imun. Menurut penelitian, orang dengan level stres yang tinggi lebih rentan terkena flu. Selain itu, mereka yang stres cenderung tidak memperhatikan kesehatan tubuh seperti konsumsi makanan yang sembarangan dan jam tidur yang kurang. Anda dapat menghindari stres dengan memiliki manajemen stres yang baik, misal dengan memiliki kebiasaan yoga, meditasi, dan gaya hidup yang sehat.

3. Pastikan kebutuhan A-B-C-D-E terpenuhi

Mengonsumsi vitamin sangat penting untuk meningkatkan sistem imun tubuh, terutama vitamin A, B6, C, D, dan E. Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin dengan konsumsi suplemen multivitamin atau mendapatkannya secara alami melalui konsumsi rutin buah dan sayur. Selain vitamin, Anda juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi lain seperti protein dan mineral.

4. Waktu tidur yang cukup

Terakhir, memiliki waktu tidur yang cukup. Orang-orang sering meremehkan hal ini, namun nyatanya kurang tidur dapat menyebabkan sistem imun menurun. Sistem imun itu seperti komputer, butuh waktu untuk istirahat agar tidak panas dan rusak. Coba untuk secara rutin tidur selama 7-8 jam per hari dan hindari kebiasaan begadang, agar gaya hidup lebih sehat dan imun lebih kuat.