Memasuki musim hujan, waspada mati listrik ya Moms. Banyak faktor yang bisa penyebab mati listrik, mulai dari tersambar petir, kabel listrik yang putus tertimpa dahan pohon, hingga dipadamkan secara sengaja oleh PLN. 

Kejadian mati listrik memang menyebalkan, apalagi jika membuat Moms menunda pekerjaan dan tugas rumah tangga. Peralatan rumah tangga sebagian besar bergantung pada sumber listrik. Jika pemadaman terjadi, terutama dalam jangka waktu lama, aktivitas normal bisa berhenti. Namun, hal ini kadang tak terhindarkan.

Baca Juga : Tagihan Listrik Naik Karena #StayatHome? Tak Perlu Panik, Ini Triknya

Sebagai antisipasi mati listrik, mengingat saat ini musim hujan, tidak menunda-nunda tugas rumah adalah pilihan terbaik. Misalnya, tidak menunda memasak nasi begitu nasi habis, tidak menunda mencuci pakaian dengan mesin cuci sebelum terlalu menumpuk, memastikan air selalu penuh di penampungan, hingga tidak menunda mengisi daya gadget begitu indikatornya menunjukkan baterai lemah.

Berjaga-jaga setidaknya dapat mengurangi potensi Moms keteteran saat mati listrik, belum jika si Kecil mulai rewel. Selain itu, berikut adalah tip aman saat mati listrik:

Tidak menyalakan lilin

Lilin sebaiknya tidak dijadikan pilihan saat mati listrik, Moms, sebab berpotensi tersenggol dengan tidak sengaja dan menyebabkan kebakaran. Sebaiknya, gunakan lampu emergency yang lebih aman dan terang.

Tidak membiarkan handphone mati

Gadget yang sebelumnya sudah terisi penuh memang hanya satu-satunya hiburan di tengah kebuntuan mati listrik. Namun, sebaiknya hindari penggunaan gadget, terutama handphone saat mati listrik untuk mengantisipasi hal-hal darurat yang membutuhkan handphone. Moms juga bisa memastikan powerbank tersedia dan dalam kondisi penuh untuk digunakan.

Mencopot colokan peralatan utama

Saat hujan petir menyambar-nyambar, sebaiknya Moms mencopot sambungan listrik peralatan rumah yang tidak dibutuhkan, seperti televisi dan lampu, tetapi Moms bisa menyisakan satu lampu sebagai tanda jika listrik kembali menyala. 

Tidak membuka kulkas

Peralatan rumah tangga satu ini dapat menjaga makanan di dalamnya tetap awet setidaknya selama empat jam walau tidak tersambung listrik. Jika Moms membuka kulkas saat mati lampu membuat udara dingin keluar, sehingga bagian dalam kulkas tidak lagi dingin sampai listrik menyala. Maka, untuk menjaga agar makanan di kulkas tetap awet, sebaiknya hindari membuka kulkas saat mati listrik kecuali mendesak ya, Moms.

Menghabiskan waktu bersama si Kecil

Selagi menunggu listrik menyala, Moms dapat bermain bersama si Kecil dan keluarga, misalnya bercerita/mendongeng, melihat-lihat album foto lama (dengan penerangan sekadarnya), membuat pesawat kertas, kemping di ruang keluarga, hingga bermain sekolah-sekolahan.