Mencuci tangan dengan sabun dan menggunakan hand sanitizer merupakan upaya untuk mencegah penularan Covid-19. Menurut Dr. Adam Friedman, profesor dermatologi di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan George Washington, mencuci tangan adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah penularan infeksi, baik itu virus Covid maupun virus penyakit lainnya. 

Namun, sering cuci tangan baik dengan menggunakan sabun atau pun hand sanitizer bisa berakibat kulit telapak tangan menjadi kering. Tapi tidak perlu khawatir Moms. Berikut ini tip dari beberapa ahli kulit yang dapat Moms aplikasikan untuk menjaga kulit tangan tetap sehat walau sering mencuci tangan.

Menggunakan air hangat

Dr. Daniela Kroshinsky, Direktur Dermatologi Anak dan Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Massachusetts, mengungkapkan bahwa air hangat lebih baik untuk mencuci tangan. Senada dengan Dr. Daniela, Lucy Xu, spesialis kulit dan pendiri London Premier Laser and Clinics Skin juga mengatakan air hangat efektif membersihkan tangan dari kotoran dan minyak. Sebaiknya gunakan air hangat dan sabun, ya Moms. Keduanya juga menegaskan untuk mencuci tangan setidaknya selama 20 detik. Dengan begitu, tangan menjadi bersih dan tidak kering.

Menggunakan sabun yang mengandung moisturizer

Pada umumnya, sabun bersifat membersihkan dan bisa membuat kulit mengelupas dan pecah-pecah. Xu menganjurkan untuk menggunakan sabun yang mengandung moisturizer untuk meminimalisasi dampak kering pada kulit. Moms dapat memilih sabun yang lebih creamy, atau mengandung bahan seperti gliserin dan lanolin. Sebaiknya juga hindari sabun batangan. Sebab, pengikat pada sabun batang memiliki tingkat keasaman atau pH yang tinggi yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Selain itu, apa pun sabun yang digunakan, sebaiknya tidak mencuci tangan dengan agresif dan terburu-buru. Moms dapat menggosokkannya ke tangan dengan lembut agar tidak memperparah kondisi kulit.

Menggunakan krim moisturizer

Krim pelembap dapat digunakan untuk menjaga lapisan kulit agar tetap lembut karena memiliki kadar air yang tingi. Selain itu, pelembap berfungsi untuk menenangkan kulit, dan memperbaiki tekstur kulit. Moms dapat memilih pelembap yang memiliki kandungan oklusif, humektan, dan omelien. Pelembap juga direkomendasikan untuk digunakan setelah mencuci tangan, sebelum tidur, dan kapan pun Moms merasa tangan kering.

Menggunakan sarung tangan

Selain pelembap, Friedman juga merekomendasikan untuk merendam tangan dalam air biasa selama lima menit, lalu mengoleskan pelembap, selanjutnya mengenakan sarung tangan selama 1 – 2 jam. Ini dilakukan untuk memastikan kelembapan menjalar ke dalam kulit. Untuk tangan yang lebih parah, Xu menganjurkan untuk melembapkannya dengan pelembap, lalu mengenakan sarung tangan katun semalaman. Sama halnya dengan sheet mask, sarung tangan akan menjaga kelembapan tangan selama 6 – 8 jam. Mengenakan sarung tangan di hari yang dingin dan berangin juga mencegah angin menyebabkan kulit tangan menjadi kering, seperti di daerah beriklim dingin.

Menggunakan hand sanitizer 

Jika tidak memungkinkan untuk cuci tangan, Moms dapat menggunakan hand sanitizer untuk sementara waktu. Sebaiknya pilih yang mengandung pelembap, seperti memilih sabun cuci tangan ya, Moms. Selain itu, setelah menggunakannya, jangan langsung mengelap tangan karena akan membuat tangan semakin kering. Biarkan menyerap ke dalam tangan.