Banyak barang yang bentuknya lucu nan menggemaskan,  akan membuat Moms lupa diri,  dan cenderung membeli perlengkapan untuk si buah hati, yang seharusnya tidak perlu dibeli saat ini. 

Perlengkapan bayi memang terlihat banyak dan semuanya dibutuhkan.  tetapi ada beberapa perlengkapan yang sebenarnya hanya bisa digunakan di awal-awal kelahiran. Maka untuk menghemat pengeluaran anggaran belanja persiapan kelahiran buah hati Moms,  berikut adalah daftar yang wajib dan tidak wajib Moms beli : 

Barang wajib beli 

Pakaian bayi (baju dan celana)

Ketika Moms membeli pakaian bayi,  Moms harus memperhatikan bahan dan model baju.  Pilihlah bahan yang nyaman dan tidak panas,  serta pilih model yang simpel. Sebisa mungkin hindari baju yang memiliki kemungkinan bisa mengiritasi kulit bayi Moms, seperti jenis baju jahitannya kurang rapi atau memiliki gambar yang jahitannya menembus ke dalam. Siapkan model panjang dan pendek untuk baju dan celananya ya Moms.  Dan,  jangan lupa untuk memperhatikan karet celana agar tidak terlalu ketat. 

Kaus kaki bayi 

Pilihlah kaus kaki yang bahannya lembut dan sesuaikan dengan ukuran kaki bayi Moms agar tetap nyaman. 

Sarung tangan bayi, topi dan bib/slabber 

Pilihlah bahan dari sarung tangan yang nyaman biasanya terbuat dan katun atau wol. Moms bisa memilih topi bayi yang sudah disesuaikan dengan ukuran kepala bayi Moms dan memiliki bahan yang halus dan nyaman,  dan yang terakhir bib/slabber,  pilihlah yang menggunakan velcro sehingga mudah digunakan. 

Diapers atau popok kain 

Selain diapers biasa Moms juga perlu menyiapkan popok kain yang lembut dan nyaman. 

Toiletries 

Perlengkapan bayi dimulai dari bak mandi hingga sabun dan sampo. Moms harus memastikan produk-produk toiletries uang yang Moms gunakan tersebut tidak menyebabkan alergi dan aman untuk bayi. 

Selimut bayi atau bedong 

Pilihlah bahan yang lembut dan motif yang menarik dan jangan lupa sesuaikan dengan ukuran badan si kecil ya Moms. 

Perlengkapan botol dan sikat botol Botol yang dipilih adalah yang BPA Free serta aman untuk bayi dan point' plusnya Moms bisa memilih botol yang memiliki teknologi anti kolik. 

Keperluan lain 

Seperti tissue basah, kasa untuk tali pusat, gunting kuku bayi dan perlak bayi.

 

Barang yang Tidak Wajib

Sterilisasi botol 

Kenapa tidak wajib,  karena selain menggunakan alat sterilisasi khusus botol juga bisa sterilisasi dengan menggunakan panci kukusan. 

Box bayi 

Box bayi ini tidak akan bertahan lama Moms. Karena setelah bayi membesar maka Moms atau bayi akan lebih nyaman untuk tidur bersama di ranjang. 

Bantal menyusui 

Bantal menyusui terlihat penting untuk membantu Moms menyusui tetapi sebenarnya bantal menyusui bisa diganti dengan bantal biasa dan biasanya tidak akan diperlukan terlalu lama karena ketika Moms sudah mahir menyusui, Moms tidak akan membutuhkan bantal menyusui lagi. 

Changing table 

Changing table bisa diganti dengan meja yang sudah Moms punya dan ditambah bantalan kasur kecil yang nyaman. Kenapa changing table tidak wajib Moms punya,  karena selain memang harganya yang malah, meja ini juga umumnya tidak Moms perlukan terlalu lama.

Prewalker shoes 

Untuk bayi yang belum bisa berjalan sebaiknya Moms menahan diri untuk memberi sepatu bayi jenis ini karena pada sejatinya para bayi akan lebih senang bertelanjang kaki selain lebih leluasa bayi juga akan belajar untuk mengenal anggota tubuhnya.