Konon, katanya memilih asisten rumah tangga yang cocok itu lebih sulit ketimbang mencari jodoh. Benar tidak, Moms? Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika memilih asisten rumah tangga, terutama untuk Moms yang memiliki anak balita. Nah, biar tidak salah pilih dan menyebabkan Moms sakit kepala di kemudian hari karena kelakuannya, Moms bisa coba tip memilih asisten rumah tangga (ART) berikut ini. 

Pilih yang direkomendasikan kenalan 

Memilih ART yang direkomendasikan oleh seseorang yang Moms kenal baik akan memudahkan Moms untuk mengecek ulang riwayat pekerjaannya dan karakter calon ART. Jadi, Moms tidak membeli kucing dalam karung. Moms bisa minta bantuan saudara atau teman yang mungkin punya rekomendasi orang yang cocok jadi ART di rumah Moms. 

Wawancara dulu 

Tidak hanya kerja kantoran saja yang membutuhkan wawancara saat seleksi pekerjaannya, tapi juga untuk ART, Moms. Saat wawancara dengan calon ART, Moms bisa menggali latar belakang dan sifat si calon ART. Dari bahasa tubuh dan caranya menjawab pertanyaan juga bisa membantu Moms menebak apakah dia akan cocok bekerja untuk Moms. Tanyakan juga pengalamannya bekerja sebelumnya, apakah terbiasa menangani anak kecil atau pekerjaan tertentu yang akan Moms berikan padanya. 

Berikan masa percobaan 

Kalau tidak dicoba ya tidak tahu, berlaku juga saat mencari ART. Ketika Moms merasa sudah menemukan ART yang pas di hati saat wawancara, Moms bisa tawarkan masa percobaan selama beberapa minggu untuk melihat kinerjanya. Jika sesuai, maka Moms akan lanjut menggunakan jasanya, jika tidak dia harus rela berhenti. Sampaikan hal ini di awal, dan hanya lanjutkan jika dia setuju. 

Cek kesehatannya 

Terutama untuk Moms yang tinggal bersama balita atau orang tua yang sudah berusia senja, memilih ART yang sehat sangat penting, karena kedua usia ini adalah usia yang rentan terkena infeksi. Sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa ART tersebut secara tetap, periksakan lebih dahulu apakah dia mengidap penyakit yang mudah menular seperti TBC, Hepatitis B, atau COVID19. 

Nah, kalau sudah ketemu yang cocok, jangan lupa dijaga relasinya biar ART Moms betah ya. Cara bicara Moms dan anggota keluarga lainnya juga harus disesuaikan dengan level pendidikan ART. Selain itu, jangan lupa diberikan hari libur dan jam istirahat ya, Moms. Selamat mencari!