Banjir menjadi salah satu bencana alam yang sering terjadi di Indonesia. Banjir adalah air dalam volume besar yang dapat menggenangi suatu daerah. Banjir dapat dikatakan sebagai aliran air yang tidak dapat tertampung lagi oleh sungai, aliran air, dan saluran irigasi yang lainnya. 

Berikut 5 persiapan menghadapi musim hujan dan banjir :

1. Ganti genting 

Hujan mulai sering datang nih, Moms. Ini saatnya mengganti genting rumah yang retak. Pasalnya genting  yang bocor bisa meningkatkan jumlah air yang masuk ke dalam rumah. Tentunya tidak enak ya, jika musim hujan atap rumah bocor? Jadi cobalah untuk mengecek genting rumah ketika keadaan tidak hujan, jika perlu ada yg diubah cobalah untuk mengubahnya.

2. Bersihkan saluran air 

Punya banyak pohon di sekeliling rumah? Coba bersihkan saluran pembuangan atau talang air dari daun-daun atau sampah-sampah supaya tidak mampat.

3. Amankan dokumen penting 

Terlebih dahulu selamatkan dokumen-dokumen penting, seperti ijazah, akte kelahiran, sertifikat rumah, buku nikah dan surat berharga lainnya. Selain nilai pentingnya, ketika rusak atau hilang, pengurusan kembali dokumen-dokumen ini akan memakan waktu dan biaya. 

Untuk menghindari hal itu, lebih baik dokumen-dokumen  tersebut disatukan dalam satu tempat khusus misalnya koper lalu bungkus dengan plastik untuk memastikan aman saat terkena air. Penting juga diingat, jika tetap menyimpan dokumen di rumah, jangan pernah menaruhnya dalam lemari, walaupun sudah dimasukkan ke koper dan dilapisi plastik. Pasalnya, ada kemungkinan lemari roboh saat air meninggi.

4. Cadangan listrik 

Kilat atau petir dapat membuat suplai listrik terputus. Tidak ada salahnya untuk menyiapkan  sumber listrik cadangan.

5. Letakkan barang elektronik di tempat tinggi  

Barang-barang elektronik yang jika terkena air dapat rusak seperti laptop, kamera, TV, DVD, kulkas dan lainnya, sebaiknya menyimpan di tempat yang tidak akan terendam banjir seperti di lantai 2 misalnya. Buatlah dudukan kulkas yang agak tinggi sehingga tidak terendam banjir.

6. Kenali bencana 

Kenali lebih dalam terkait potensi kebencanaan di wilayah masing-masing agar kita dapat lebih siap jika sewaktu-waktu bencana terjadi. 

Selain tip di atas ada baiknya Moms menyediakan makanan instan seperti mie instan , bubur instan, kopi atau susu, dan tidak lupa obat-obatan, dimana saat musim hujan tiba biasanya agak susah cari penjual makanan.