Moms, suka membaca blog dari para blogger Moms di internet? Terinspirasi untuk mencobanya juga? Blog dapat menjadi media untuk Moms yang memiliki minat menulis. Meski bukan penulis profesional, tidak sedikit Moms yang ikut menyalurkan ekspresi melalui kegiatan menulis di blog. Umumnya, blogger Moms menulis tentang pengalamannya sebagai Moms, review produk, hingga menuliskan hobinya, seperti crafting atau jalan-jalan. 

Beberapa Moms yang memiliki jumlah lalu-lintas pengunjung dan interaksi yang tinggi di blognya juga dapat menghasilkan uang. Menurut Elna, salah satu blogger Moms yang akhirnya menulis buku, menghasilkan pendapatan dari menulis blog membutuhkan niat untuk menyisihkan waktu dan usaha. Walau begitu, asal tahu langkahnya, menulis blog tidak membutuhkan persiapan yang terlalu banyak, Moms. Siap untuk mulai?

Temukan ‘jiwa’

Langkah pertama memang agak sulit, Moms. Sebelum menulis, pikirkan tema apa yang Moms sukai. Ada banyak blog tentang karir, perjalanan, beauty, parenting, dan DIY. ‘Jiwa’ untuk menulis ini dapat membantu Moms mengembangkan blog, di mana orang akan langsung terpikir sosok Moms ketika menyebutkan satu topik. Maka, dalam menemukan ‘jiwa’ menulis, ada beberapa pertanyaan yang dapat Moms jawab, apa yang Moms sukai? Apakah topik ini dibutuhkan? Apakah menguntungkan atau dapat di-monetize?

Dalam menjawab pertanyaan pertama, coba pikirkan apa hal yang membuat Moms terjaga di malam hari, hobi, kegiatan yang Moms senangi, atau pengalaman sebelumnya, sehingga Moms dapat konsisten untuk menulisnya dalam waktu yang panjang. Kedua, setelah menentukan tema, kembali perhatikan apakah tema tersebut dibutuhkan orang? Salah satu keuntungan menulis blog adalah mendapatkan pemasukan tambahan, maka ini perlu dilakukan untuk melihat audiens potensial. Semakin ramai blog Moms, semakin besar kemungkinan Moms mendapat sponsor, atau klien dari brand tertentu.

Memilih platform blog

Ada beberapa platform blog yang dapat Moms pilih, misalnya WordPress.com, Medium, Tumblr, atau Blogger. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Setidaknya, ada fitur-fitur yang Moms butuhkan dalam platform blog, yaitu format konten, pengaturan tampilan, tambahan fungsi, komentar, dan jangkauan audiens. Format tampilan disesuaikan dengan bentuk postingan Moms nantinya, apakah banyak format konten, maka pilih platform yang mengakomodasinya, sebaliknya jika Moms cukup dengan teks dan gambar, platform yang sederhana tidak masalah. Begitu pula pada tampilan, dan fitur tambahan, seperti penyetelan informasi tambahan. Platform blog menyediakan fitur sesuai dengan kebutuhan Moms, maka sebelum menentukan pilihan, ada baiknya riset dahulu ya, Moms.

Konsisten

Setelah memulai, konsistensi adalah kuncinya. Konsistensi dapat membuat pembaca untuk terus mengikuti tulisan Moms di blog. Dari sini juga muncul pembaca loyal Moms.

Melakukan promosi di media sosial

Mengenalkan blog Moms di media sosial pribadi juga dapat menaikkan jumlah kunjungan yang membaca tulisan Moms. Setidaknya menulis link blog di bio profil Instagram, atau membuat postingan tiap tulisan baru diunggah. Selamat menulis ya Moms.