Kondisi penyebaran wabah pandemik virus COVID-19  di Indonesia saat ini semakin memprihatinkan. Data terakhir per Minggu (29/03), jumlah yang terpapar positif virus COVID-19 di Indonesia sebanyak 1.285 orang. Rinciannya adalah 1.107 orang menjalani perawatan, 114 orang meninggal dan 64 orang sembuh. 

Beberapa cara sudah dilakukan, baik oleh pemerintah maupun masyarakat untuk mengurangi angka yang semakin bertambah ini, namun karena penyebarannya yang cepat, diperlukan usaha yang lebih keras lagi untuk meredamnya. 

Sebelumnya, apakah Moms sudah paham benar tentang gejala virus COVID-19 ini? Serangan virus COVID-19 sekilas sulit dibedakan dengan virus flu biasa. Kedua virus sama-sama menyerang pernapasan dan  menyebar melalui kontak dan droplets atau cairan. Oleh karena itu, kedua penyakit ini memiliki cara pencegahan standar yang sama, yaitu dengan menjaga kebersihan pribadi seperti rajin mencuci tangan dan menjaga etika batuk atau bersin. 

Lalu, bagaimana cara membedakan virus COVID-19 dengan virus flu biasa? Perbedaan yang signifikan atara kedua virus ini adalah tingkat kecepatan penularannya. Virus influenza memiliki periode inkubasi atau jarak dari waktu terinfeksi hingga munculnya gejala yang lebih cepat dan waktu serial interval yang lebih pendek. 

Selain itu, jumlah infeksi sekunder, atau orang yang tertular dari satu orang yang terinfeksi pada virus COVID-19 lebih tinggi dibandingkan dengan virus influenza biasa.  Virus influenza juga lebih sering penularannya pada anak-anak, sedangkan pada virus COVID-19 penularan pada anak-anak masih lebih rendah dibandingkan penularan pada orang dewasa. Ini terlihat pada data penularan COVID-19 di China.

Dan yang patut diperhatikan adalah tingkat kematian virus COVID-19 lebih tinggi dibandingkan dengan virus influenza. Walaupun hingga saat ini penelitian tentang virus baru COVID-19 masih terus berjalan, namun data yang sudah terkumpul menyatakan bahwa tingkat kematian virus COVID-19 sebesar 3-4%, sedangkan flu memiliki tingkat kematian di bawah 0,1%.

Dari sisi gejalanya, virus influenza memiliki gejala umum antara lain, batuk, hidung tersumbat, tenggorokan sakit, demam, muntah-muntah, diare dan nyeri otot. Sedangkan beberapa gejala virus COVID-19 atau coronavirus dilansir dari laporan WHO yang berdasarkan 56.000 kasus laboratorium, adalah sebagai berikut:

  1. Demam (88% dari kasus)
  2. Batuk kering (68% dari kasus)
  3. Kelelahan (38% dari kasus) 
  4. Dahak/riak (33% dari kasus)
  5. Sesak napas (19% dari kasus) 

Gejala lainnya yang terjadi adalah nyeri sendi, radang tenggorokan, pusing, menggigil, mual dan muntah, hidung mampet, serta diare.