Kandungan gula tidak hanya terdapat pada makanan manis seperti cokelat atau makanan yang dianggap tidak sehat. Siapa sangka, makanan sehat pun mengandung gula yang cukup tinggi.  

Bagi Moms yang sedang diet menurunkan berat badan atau untuk alasan kesehatan, tentunya mengeliminasi makanan yang tinggi gula. Moms pun beralih pada makanan sehat dengan harapan tidak ada kandungan gula di dalamnya. 

Padahal faktanya, makanan yang dianggap sehat juga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, Moms. Dan ini tidak banyak yang menyadarinya. Karena menganggap tidak ada gula, maka Moms bisa mengonsumsi makanan sehat itu sebanyaknya. 

Nah, agar tidak kebablasan dalam mengonsumsinya, yuk, cek, makanan apa saja yang mengandung ‘jebakan’ gula? 

Granola Bar

Camilan familiar bagi Moms yang sedang berdiet. Kandungan buah-buahan, oats, bahkan biji gandum membuatnya digadang-gadang sebagai makanan sehat. Tapi tahukah Moms bahwa banyak granola bar itu menambahkan pemanis seperti sirup jagung, gula merah, madu, sirup gula merah, dekstrosa, dan fruktosa? Ini kategori gula, lho, Moms.  

Beberapa jenis granola bar juga memiliki lapisan yogurt atau cokelat, atau keping cokelat.  Tambahan lapisan ini membuat kandungan gulanya pun meroket menjadi 8 hingga 12 gram per porsi. Nah, daripada konsumsi 1 granola bar lebih baik beralih ke ¾ cangkir granola original. Kandungannya gulanya tak akan lebih dari  5 gram.

Yogurt

Yogurt mengandung sejumlah zat gizi yang memberikan manfaat untuk kesehatan tulang, seperti kalsium, fosfor, dan kalium. Yogurt juga bagus dikonsumsi untuk kesehatan pencernaan. Dengan rasanya yang asam, mungkin Moms  tak percaya bukan bahwa yogurt juga mengandung gula, Moms,  bahkan yogurt rendah lemak sekalipun memiliki 17 hingga 33 gram kandungan gula  untuk per porsi ukuran 8 ons. Jumlah ini setara dengan 2 sendok (1 cup ) es krim cokelat. Jadi, bila Moms membeli yogurt, pastikan pilih yang rendah gula. Daripada membeli yogurt yang berperisa buah, lebih baik Moms membeli plain yogurt yang bisa Moms tambahkan  potongan buah pilihan.

Oatmeal Instan

Oatmeal merupakan sahabat akrab pecinta diet. Selain mengandung mineral, oatmeal juga kaya serat. Dengan alasan oatmeal menyehatkan, Moms pun  tak merasa bersalah untuk mengonsumsi oatmeal instan dengan beragam rasa buah, yang kini banyak di pasaran. Tapi, tahukah Moms bahwa banyak oatmeal instan rasa buah  ini memiliki 10-15 gram gula per bungkus? Lumayan banyak ya, Moms. Sebaiknya Moms pilih oatmeal instan tanpa rasa untuk mengurangi asupan gula. Moms bisa menambahkan irisan apel, anggur atau buah segar untuk peningkat rasa. 

Saus Salad

Jenis manis, seperti raspberry vinaigrette atau French salad dressing mengandung gula. Setiap 2 sendok makan saus salad, mengandung  sekitar 5 hingga 7 gram gula.  Lebih baik pilih saus salad Italian dressing yang memakai  lemon atau  vinegar,  ditambah minyak zaitun. Kandungan gulanya hanya sekitar 1 gram, dalam porsi yang sama.

Sereal untuk sarapan

Sereal untuk anak-anak umumnya memang mengandung gula yang cukup tinggi, semacam sereal coklat atau rasa stroberi, Lantas, apakah sereal dewasa pun banyak mengandung gula? Ternyata, Moms memang perlu berhati-hati dengan  sereal gandum atau  jagung yang selama ini dikenal sebagai sarapan sehat. Beberapa produk memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, antara 10-20 gram atau lebih per cup!

Buah kaleng

Leci, rambutan, manga atau jeruk adalah beberapa buah yang sering dikemas dalam kalengan. Rasanya memang tetap menyegarkan seperti buah asli. Namun, buah kalengan ini membutuhkan sirup gula untuk membantu pengawetannya. Contohnya jeruk mandarin kalengan, memiliki sekitar 39 gram gula, per porsi.  Sebaiknya pilih buah segar saja, Moms. Tapi kalau Moms mengidam buah tertentu yang dikemas dalam kaleng, coba singkirkan sirup gulanya.  Cukup makan buahnya saja. Dengan cara ini kandungan gulanya turun menjadi hanya sekitar 15,5 gram per porsi. 

Buah kering

Buah kering, seperti cerry atau kismis, sering ditambahkan untuk pemanis makanan sehat. Tapi tahukah Moms bahwa buah kering memiliki lebih banyak gula berdasarkan daripada buah segar? Sebuah kotak kecil kismis, sekitar 1,5 ons, itu  mengandung lebih dari 25 gram gula. Sebagai gantinya, lebih baik Moms makan setengah cup anggur  yang gulanya tak lebih dari 12 gram.