Binatang adalah makhluk ciptaan Tuhan yang selalu menarik perhatian anak-anak. Mau binatang liar seperti singa atau pun binatang peliharaan seperti kucing dan anjing. Para hewan ini punya pesonanya sendiri di mata anak-anak. 

Nah, apakah Moms bertanya-tanya bagaimana ya caranya mengenalkan binatang pada anak? Tidak sulit kok, Moms. Moms bisa coba 5 kegiatan mengenalkan binatang pada anak berikut ini. 

Lagu anak 

Musik dan lirik sangat mudah diingat oleh anak-anak. Tidak hanya menyenangkan, mengenalkan binatang pada anak melalui lagu juga bertahan lama di ingatan anak. Ada banyak lagu anak bertema binatang yang bisa Moms coba nyanyikan bersama anak seperti “Tek Kotek” atau “Cicak di Dinding”. 

Kebun binatang atau peternakan 

Tentunya tidak ada yang mengalahkan sensasi meraba dan bertemu langsung dengan binatang bagi anak-anak. Kebun binatang atau peternakan adalah pilihan yang seru sebagai destinasi wisata yang bisa jadi sarana kegiatan mengenalkan binatang pada anak. Namun, karena pandemi seperti sekarang, sebaiknya ditunda dulu ya, Moms. Sebagai alternatif, Moms bisa ajak si Kecil mengelilingi area perumahan dan mengidentifikasi bersama hewan-hewan yang ditemukan sepanjang jalan. Jangan salah, petualangan sederhana seperti ini tetap bisa jadi seru buat si Kecil lho, Moms!

Buku 

Binatang adalah tokoh utama di banyak fabel dan buku cerita anak yang menyajikan cerita dan imajinasi yang menarik bagi anak-anak. Saat Moms membacakan nyaring buku bertema binatang, Moms tidak hanya membantu anak mengenal berbagai macam binatang, tetapi juga menumbuhkan kecintaannya pada kegiatan membaca. 

Menggambar dan mewarnai

Menghubungkan titik-titik hingga menjadi bentuk binatang kemudian mewarnainya bisa melatih motorik halus dan kemampuan pra-menulis si Kecil, sekaligus jadi kegiatan mengenalkan binatang yang menyenangkan. 

Bermain Peran 

Ketika Moms pura-pura menjadi bebek atau serigala atau kambing dengan menirukan gerakan dan suara para binatang tersebut akan membuat si Kecil terpingkal-pingkal, dan pada saat yang sama belajar mengenal binatang serta karakteristiknya. Jangan lupa ajak juga Dads biar semakin seru! 

Nah, tidak sulit bukan 5 kegiatan mengenalkan binatang pada anak di atas. Sudah adakah yang pernah Moms coba? Bagi ceritanya di kolom komentar, ya!