Moms, mengenalkan anak tentang nilai uang dan cara mengaturnya perlu dilakukan sejak usia dini, persisnya ketika dia mulai mengerti bahwa untuk memperoleh barang-barang yang ia inginkan dibutuhkan uang. 

 

Mengelola keuangan adalah bagian dari soft skills yang amat berguna ketika anak beranjak dewasa. Sayangnya, keterampilan ini jarang diajarkan di sekolah. Nah, di sinilah peran Moms sebagai orangtua. Membiasakan diri berbicara tentang uang pada si Kecil, dapat membantu mereka memahami uang, bagaimana menabung untuk tujuan jangka panjang, hingga bijak menggunakan uang.

 

Hal pertama yang dapat Moms ajarkan mengenai uang kepada anak adalah membedakan mana yang mereka butuhkan dan mereka inginkan. Menurut Beth Kobliner, penulis buku Get a Financial Life, anak usia tiga tahun dapat memahami konsep keuangan, seperti menabung dan membelanjakan uang. Penelitian Universitas Cambridge mengungkapkan bahwa kebiasaan uang anak-anak terbentuk pada usia 7 tahun.

 

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengajarkan anak mengenai finansial:

 

Memainkan permainan tentang uang bersama anak

Permainan papan seperti monopoli dan life dapat menjadi cara yang menyenangkan dalam mengajarkan anak tentang uang. Permainan ini dapat dimainkan bersama seluruh anggota keluarga sehingga menjadi salah satu momen quality time

 

Mengajak anak berbelanja

Mengajarkan anak tentang uang dapat melalui kegiatan rutin, seperti berbelanja ke pasar atau supermarket. Aktivitas menyenangkan seperti membiarkan anak menentukan barang yang diperlukan sesuai bujet yang dimiliki,  serta  memberi tahu mereka mengenai barang diskon untuk menghemat pengeluaran,  bisa Moms lakukan. 

 

Memberi anak uang saku

Ketika usia anak memasuki usia sekolah, Moms dapat memberi mereka uang saku untuk menumbuhkan kebiasaan mengatur keuangan sendiri

 

Mendukung anak untuk memisahkan uang

Moms bisa memberikan anak tiga botol untuk membagi uangnya.  Misalnya satu botol untuk menabung, satu untuk dibelanjakan, dan satu lagi untuk disumbangkan. Dengan begitu, anak tidak hanya terbiasa menabung, tapi juga terbiasa untuk bersikap dermawan

 

Mengajarkan anak untuk menabung di bank

Ketika usia anak semakin besar dan siap untuk memahami kompleksitas keuangan, Moms dapat mengajarkan mereka menabung di bank. Buka rekening atas nama mereka, lalu beri penjelasan mengenai keuntungan menabung di bank\

 

Memberi contoh yang baik

Seperti banyak hal lainnya, anak cenderung meniru contoh orangtua. Salah satu contoh, tidak berbohong tentang pembelian sesuatu kepada pasangan. Pelajaran lain, menanamkan pada anak bhwa ada hal-hal lain yang juga penting dalam hidup selain uang, seperti menghabiskan waktu bersama keluarga yang tidak ternilai harganya. Begitu pula tentang esensi benda material yang tidak selalu membuat orang bahagia.

Begitulah, Moms. literasi uang pada anak sangat penting agar mereka bijak dalam mengelola keuangan di masa depan, menghindarkan diri dari sifat materialistis, dan menggunakan uang untuk kebaikan.