Dwayne Johnson merupakan aktor blockbuster perfilman Hollywood yang dikenal dengan nama The Rock. Dengan sosok yang tinggi dan kekar tak mengherankan ia terlibat dalam film action. Tinggi pria keturunan suku Samoa ini hampir mencapai 2 meter (1,96 m) dan tubuh penuh ototnya mencapai bobot 118 kg. 

Namun, di dalam kehidupan berkeluarga, ternyata The Rock merupakan sosok family man. Ia juga merupakan sosok ayah yang dekat dengan ketiga putrinya, Simone Alexandra Johnson, Jasmine Johnson dan Tiana Gia Johnson. Di waktu senggangnya, ia selalu memanfaatkan mengasuh dan bermain bersama para putrinya. 

“Hal terpenting yang saya pelajari tentang membesarkan anak perempuan adalah selalu berada di sisinya, berusaha mendengarkan mereka dan bersikap lebih lembut," ujarnya pada video singkat untuk merayakan hari Ayah tahun ini.  

Lantas, apalagi cara Dwayne Johnson menjalin kedekatan dengan para princess-nya? Simak berikut ini: 

Ayah siaga untuk putrinya

The Rock mungkin salah satu aktor tersibuk di Hollywood, tetapi ia  tahu apa yang paling penting dalam hidupnya, yakni menjadi ayah siaga bagi anaknya.  Seperti yang pernah ia ungkapkan dalam wawancara bersama Oprah. Dia berkata, "Saya selalu ingin menjadi ayah yang hebat. Saya selalu ingin memberi putri saya hal-hal tidak pernah saya dapatkan. [Ketika dia lahir], saya berkata kepadanya, 'Saya akan selalu, selalu menjagamu, selama sisa hidupmu. Kamu akan aman.'" 

Percaya pada kekuatan skin-to-skin.

Kontak skin-to-skin dengan anak sesegera mungkin sesaat si Kecil dilahirkan menjadi anjuran penting bagi para orang tua. Johnson pun melakukannya. Sewaktu putri keduanya Jasmine lahir (2015), ia membagikan foto cantik memeluk dan melakukan kontak skin-to-skin dengan bayi perempuannya di Instagram.

Tidak jijik dengan BAB anak

Pada hari Buruh (2016), Johnson membuat video ucapan selamat Hari Buruh sambil menggendong putri mungilnya di leher. Dia memberikan wejangan agar kelak setelah dewasa, putrinya menjadi pekerja keras yang mengutamakan meraih kesuksesan dengan cara positif, bermartabat dan terhormat. Lantas apa tanggapan anaknya? Poop! Dengan wajah polosnya, putrinya BAB tepat di dekat kepala ayahnya. Johnson hanya tertawa, dan kemudian membersihkan BAB  putrinya. 

Mencari cara meredakan ketakutan anak 

Putrinya Jasmine ternyata termasuk anak yang takut kepada Sinterklas. Sehingga putrinya langsung menangis menjerit saat diajak foto bersama dengan Sinterklas pada satu perayaan Natal. 

Johnson mendengar kejadian itu. Namun, ia tak bisa bantu menenangkan, karena sedang terlibat syuting. Namun, ia tak mau berlama-lama membiarkan anaknya trauma. Keesokan paginya, ia membangunkan anaknya dengan kostum Pikhachu Pokemon. Dan, Yes! Anaknya langsung memeluk dan memperdengarkan tawa riangnya. Pintar ya, Moms. 

Ayah pendukung feminis

Ayah Dwayne Johnson adalah seorang wrestler kenamaan. Ayahnya, Rocky Johnson, memulai kariernya pada 1960-an dengan National Wrestling Alliance sebelum menjadi seorang atlet dengan World Wrestling Entertainment (WWE) pada 1983. Kakeknya pun seorang pegulat. 

Sebagai satu-satunya anak laki-laki, The Rock digembleng ayahnya untuk mengikuti jejaknya. Terbayangkan bukan latihan demi latihan keras yang dialaminya. Walaupun dibesarkan dengan pengasuhan super maskulin, tidak melunturkan penghargaan pada wanita di seputar hidupnya. 

Pada Hari Perempuan Internasional, misalnya ia memposting kolase yang menggemaskan dari semua wanita kuat dalam hidupnya, yakni ibunya, istrinya, dan para putrinya. "Saya berasal dari keluarga cantik, wanita yang kuat, beragam, dan cerdas. Mereka menginspirasi dan menantang saya setiap hari untuk menjadi pria, ayah, dan panutan yang lebih baik. Cinta dan rasa hormat saya kepada mereka tidak terbatas," katanya penuh cinta dan penghargaan. 

Meninabobokan anak dengan lagu pengantar tidur termanis

Si kecil susah tidur? Salah seorang penerima gelar People's Sexiest Man Alive ini  punya cara agar agar putrinya tidak rewel saat jam tidur tiba. Ia punya kebiasaan mengantar anaknya tidur dengan menyanyikan  lagu pengantar tidur yang manis. Seperti untuk putri bungsunya, ia menyanyikan lagu You’re Welcome, soundtrack dari film Moana.  

Atur waktu ‘kencan’ dengan putrinya 

Ajang penghargaan bergengsi merupakan acara penting bagi para selebriti untuk memamerkan kemesraaan dengan pasangnnya. Tapi bagi The rock, acara awarding juga menjadi kesempatannya untuk ‘kencan’ dengan putri sulungnya yang mulai  beranjak dewasa. Antara lain, ia pernah mengajak  Simone sebagai teman kencannya di acara People's Choice Awards 2017,  MTV Movie Awards di 2016,  dan Golden Globes di 2016. 

Untuk putrinya yang masih kecil, ia menghadiri kencan afternoon tea yang digelar Jasmin, putri keduanya yang masih balita. Dengan mainan mini tea set-nya, Jasmin mempersilakan ayahnya mencicipi teh dan kue kering yang digelar di halaman belakang rumah mereka. 

Siap multitasking

Mampu melakukan beberapa pekerjaan sekaligus memang keterampilan yang perlu dimiliki para orang tua. Bukan hanya Moms saja. Dads juga harusnya mampu melakukannya. Johnson pun menyadari hal ini.  

Misalnya, pada suatu hari Valentine, ia memberi makan putri dan anjingnya. Ia sibuk menyuapi sang putri yang baru berusia beberapa bulan, sambil juga memberikan makan anjingnya. 

Tak masalah ‘dipermalukan’ anak

Melakukan permainan konyol siapa takut? The Rock yang merupakan salah seorang aktor dengan penghasilan tertinggi in pasrah saja ketika putrinya menjadikan wajahnya sebagai kanvas untuk melukis. Muka cemong dengan aneka warna tak masalah. Toh, bisa dicuci bukan? Terpenting si Kecil happy

Membantu memandikan anak

Banyak para ayah khawatir bila memandikan anak. Tidak demikian bagian Johnson. Justri memandikan anak menjadi cara mendekatkan anak.  "Ini pekerjaan saya, dan saya suka mengisi bak mandi bayi dan menyiapkan mainannya,” katanya. 

Mendukung dan bangga dengan putrinya 

Sebelum terjun sebagai aktor, Dwayne Johnson adalah pesohor pegulat WWE. Melebih nama besarnya ayahnya dan kakeknya. Kini, ternyata putri sulungnya Simone Alexandra Johnson mengikuti jejaknya sebagai  pegulat di World Wrestling Entertainment.

Meski tahu hidup dan latihan sebagai pegulat WWE itu tidak mudah, The Rock merasa senang dan bangga terhadap putrinya. Apalagi  di usianya yang masih 18 tahun, Simone dinobatkan menjadi pemain termuda yang tergabung dalam WWE.