Moms mungkin sudah tidak asing dengan keluarga menggemaskan yang punya kanal YouTube Kimbab Family. Keluarga yang beranggotakan Mama Gina yang asli Bandung, Appa Jay asal Korea, dan tiga anak-anak lucu, Suji, Yunji, si Bungsu Jio. Ketiganya sempat tinggal di Bandung sebelum Mama Gina dan Appa Jay membawa mereka pindah dan menetap di Seoul hingga kini.

Aktivitas dan kekompakan Kimbab Family terekam dalam vlog kanal YouTube mereka yang sudah di-subscribe 1,36 juta subscribers hingga mendapatkan Golden Play Button dari YouTube lho, Moms!

Konten YouTube Mama Gina, Appa Jay, Suji, Yunji, dan Jio tak jauh-jauh dari keseharian mereka sebagai keluarga multikultural, mereka bahkan fasih berbahasa Indonesia juga, Moms. Selain itu, Mama Gina dan Appa Jay juga sering membagikan pengalamannya terkait dunia parenting dan budaya. 

Dari Kimbab Family Moms bisa belajar tentang beragam ide untuk membangun kekompakan antar keluarga, seperti dengan melakukan kegiatan-kegiatan berikut:

Berkebun

Dari salah satu video Kimbab Family yang diupload, mereka memanfaatkan teras apartemennya sebagai kebun sederhana untuk menanam jagung ketan. Si Kecil Suji, Yunji, dan Jio juga tampak antusias membantu Appa Jay memetik dan mengupas jagung ketan untuk direbus. Kegiatan berkebun merupakan cara yang baik untuk mengenalkan si Kecil dengan lingkungan di sekitar mereka. Anak-anak dapat belajar tentang berbagai macam bunga, buah dan sayuran, dapat merasakannya secara fisik dengan tangan mereka sendiri, dan bahkan dapat mencium baunya. Seperti Kimbab Family yang beberapa kali membagikan kegiatan mereka berkebun sampai menangkap ulat yang mengganggu tanaman, Moms.

Memasak

Kalau Moms penonton setia Kimbab Family, tentu familiar dengan aktivitas satu ini. Kimbab Family sering membagikan video kegiatan mereka memasak, mulai dari japchae khas Korea, tumpeng nasi kuning khas Indonesia, bento, hingga odading yang sempat ramai diperbincangkan di media sosial beberapa waktu lalu. Memasak merupakan salah satu cara mengenalkan budaya pada anak, Moms, misalnya pada Kimbab Family ini, menu masakannya bervariasi dari Korea Selatan hingga Indonesia, Jawa Barat khususnya. Selain itu, pengalaman memasak makanan bersama Moms juga dapat membangun kepercayaan diri anak dan membiasakan makan sehat.

Memakai baju serasi

Jika Moms perhatikan, hampir di tiap video dan foto di media sosial, Kimbab Family tampil dengan pakaian yang berwarna senada alias baju couple sekeluarga. Kompak sekali ya. 

Berkemah/camping

Mencari ide aktivitas outdoor untuk keluarga? Kemah atau camping bisa jadi pilihannya, Moms. Seperti Kimbab Family ini, memilih kemah untuk mengajak Suji, Yunji, dan Jio lebih mengenal alam dan istirahat sejenak dari ramainya kota Seoul. Mereka juga sempat bermain-main air di sungai dangkal yang jernih, seru sekali! Berkemah juga membantu anak-anak mengembangkan insting petualangannya melalui lingkungan baru, pemandangan dan suara yang tidak biasa.

Bermain games 

Terkadang tak perlu kegiatan outdoor yang agak menyita waktu untuk menghabiskan waktu bersama si Kecil, Moms. Kimbab Family pun demikian, saat di rumah, mereka bisa tetap menghabiskan waktu bersama melalui permainan yang menyenangkan. Misalnya bermain tebak-tebakan, membacakan dongeng bahasa Sunda, melakukan Q&A, hingga mengajarkan Si Kecil bahasa baru. Manfaat terpenting dari menghabiskan waktu dengan anak-anak adalah terbentuknya ikatan antara Moms dan anak. Melalui kegiatan ini, anak-anak dapat berbagi, berbicara, dan mendengarkan sehingga mereka merasa aman dan memiliki.