Pahlawan atau patriot adalah seseorang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, pejuang yang gagah berani. Setiap orang bisa menjadi pahlawan, termasuk juga si Kecil, Moms. Dengan rajin belajar misalnya, merupakan cara si Kecil untuk menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas. 

Banyak cara yang Moms bisa lakukan untuk menanamkan jiwa patriotism kepada si Kecil, di antaranya: 

Mengenalkan tentang tokoh dan perjuangan para pahlawan bangsa

Para pahlawan  mengorbankan banyak hal dan melalui perjuangan yang sulit untuk  mencapai dan meraih kemerdekaan. Nah, si Kecil perlu tahu hal tersebut. Ia pun perlu belajar bahwa perjuangan itu tidak semata-mata mengangkat senjata. Ada pula perjuangan melalui ruang diplomatik. Jadi, perkenalkan ragam perjuangan para pahlawan ini. 

Dengan mengenalkan ragam tokoh pahlawan dan cara mereka berjuang akan  membuat si Kecil belajar memahami bahwa banyak cara untuk berjuang dan bermanfaat bagi bangsa. 

Manfaatkan berbagai media

Buku bergambar adalah cara paling mudah mengenalkan si Kecil pada tokoh pahlawan. Moms juga bisa mencari film, baik lewat DVD maupun mengunggah dari internet untuk film-film yang menonjolkan kepahlawan dan perjuangan. Banyak film bagus dibuat, seperti: Soekarno: Indonesia Merdeka (2013), Jenderal Soedirman (2015), Kartini (2017), Sang Kiai (2013), Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015), Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta (2018), Habibie & Ainun (2012) dan sebagainya. 

Dari selembar uang kertas pun bisa menjembatani bagi Moms untuk mengenalkan si Kecil pada tokoh pahlawan dan perjuangan mereka. Moms bisa memberikan latar kepahlawanan dari tokokh yang ada di uang kertas negara kita, seperti Ir. Sukarno dan Drs. Mohammad Hatta, Dr. G.S.S.J. Ratulangi, Mohammad Hoesni Thamrin, Cut Meutia dan lain-lain, sehingga si Kecil pun bercita-cita mengikuti jejak mereka. 

Mengajarkan tentang rasa hormat dan kehormatan

Sejak dini, si Kecil harus diajarkan untuk menghargai dan menghormati bendera nasional, lambang negara dan simbol nasional lainnya. Ia harus diajarkan untuk berdiri ketika lagu kebangsaan dimainkan. Ia pun perlu memahami untuk tidak pernah menghancurkan atau merusak properti nasional, seperti mencoret dinding atau jalanan atau bangku taman, termasuk menjaga kebersihan.

Ikuti kegiatan patriotik

Kenalkan pentingnya menghargai pahlawan untuk menumbuhkan jiwa kepahlawanan. Jadi, jangan biarkan si Kecil bolos dari upacara kemerdekaan, Sumpah Pemuda atau upacara penghormatan kepada pahlawan lainnya. Atau, yang lebih parah sengaja mengajak si Kecil membolos sekolah untuk meninggalkan acara ini demi liburan keluarga. Ini bisa menanamkan kepada si Kecil bahwa menghormati pahlawan itua bukan hal penting. Justru jika si Kecil malas-malasan mengikutinya, Moms semangati dia. Bahkan, Moms bisa menambahkan acara lainnya misalnya sesudahnya mengajak si Kecil mengunjungi tempat-tempat atau museum bersejarah di kota Moms. 

Menyanyikan lagu-lagu perjuangan/ lagu nasional

Menyanyi cara paling mudah menanamkan rasa kepahlawanan dan kebangsaa. Pilih lagu yang menerbitkan semangat. Ajari si Kecil cara menyanyikan dan menyanyilah bersama. Dari lagu, si Kecil  akan paham akan arti kepahlawanan itu dan cinta tanah air. Dengan cara ini, ia akan menghargai anugerah kehidupan bebas dari penjajahan, sehingga bisa mengisi hari-harinya dengan kegiatan yang bermanfaat. 

Banyak cara lain menamankan jiwa pahlawan. Tak harus berkaitan dengan tokoh kepahlawanan. Tetapi juga Moms dan Dads berperilaku seperti pahlawan, yakni berani bertindak untuk membela kebenaran dan keadilan. Inilah contoh nyata tindakan kepahlawan bagi si Kecil.

^IK