Moms, saya ingin berbagi pengalaman tentang mengajari bayi untuk membedakan waktu siang dan malam. Saya Moms dari 1 anak.  Puteri saya bernama Qiyara Ashley Putri Achmad biasa dipanggal Qiya. 

Sebagai Moms baru, tentunya Moms memiliki masalah mengatur jam tidur bayi yang tidak beraturan. Itu juga yang saya alami, Moms. Saya banyak berkonsultasi pada para Moms yang lebih berpengalaman. Jawaban mereka bermacam-macam. Umumnya mereka mengatakan bahwa new born susah tidur sebagai sesuatu hal yang lumrah. Ada juga yang menyarankan untuk mengajak main pada malam hari, dan sebagainya. 

Tapi ada satu Moms yang memberi kiat cara mengajari bayi membedakan jam siang dan jam malam, termasuk jam main dan tidurnya. Kiat ini saya terapkan pada Qiya sejak dia berusia satu bulan. Nah, caranya seperti ini, Moms: 

Cara ini cukup efektif. Qiya jarang sekali bangun tengah malam dan mengajak main. Kalau pun terbangun, hanya untuk menyusu ASI. Setelah itu kembali melanjutkan tidur. 

Jadi Moms, ketika dia terbangun pada malam hari, usahakan jangan mengajaknya main. Boleh saja digendong tapi tetap diajak tidur, sehingga dia tahu bahwa malam hari waktunya untuk tidur bukan untuk main. Silakan mencoba.