Saat si Kecil lahir merupakan anugerah Tuhan yang terindah. Namun, banyak yang harus dilakukan orang tua untuk si bayi baru lahir yang baru melihat dunia ini, agar bertumbuh kembang secara optimal.  

Harus diakui, orang tua juga mengalami berbagai macam emosi ketika memiliki bayi baru. Rasa gembira, frustrasi, kelelahan, dan kegugupan bercampur aduk. 

“Jangan takut emosi tercampur aduk karena hadirnya makhluk baru dalam kehidupan Anda,” ujar psikolog Dr. Lisa Damour. Ia justru menyarankan Moms untuk tidak menunda membangun kedekatan dengan si Kecil untuk kesehatan mental anak Anda sejak dini, bahkan sejak bayi baru lahir. Berikut tanya jawab brsama Dr. Lisa  pada  Mini Parenting Master Class bertema  How to build your baby's mental health

T: Sebentar lagi, saya akan menjadi orang tua. Emosi atau stres apakah yang mungkin terjadi? 

J: Menjadi orang tua untuk pertama kalinya adalah transisi yang sangat besar. Itu akan mengubah setiap aspek kehidupan Anda. Dan, salah satu hal yang kita ketahui tentang stres adalah terjadi saat harus beradaptasi dengan kondisi baru. Beradaptasi dengan bayi baru lahir adalah kondisi baru. Jadi, mungkin akan timbul stres. Namun, stres ini akan berkurang/menghilang seiring waktu Anda terbiasa memainkan peran sebagai orang tua.

Pada usia berapa orangtua  harus mulai memikirkan kesehatan mental anak?

Begitu si kecil baru lahir, kesehatan mentalnya sudah perlu Anda jalin. Sejak lahir, anak Anda akan mencari cinta, pembelajaran, dan keamanan dari orang tuanya, khususnya ibunya. Beri anak hubungan yang hangat dan lembut, bantu dia untuk merasa terlindungi, hibur mereka ketika kesal dan bantu mereka menavigasi dunia.  Begitulah cara orangtua  meletakkan dasar untuk kesehatan mental anak untuk seumur hidupnya.

Bagaimana stres mempengaruhi perkembangan emosional anak?

Ada respons stres yang diaktifkan ketika bayi merasa ketakutan atau khawatir seseorang telah melupakannya atau kebutuhannya tidak terpenuhi. Tugas orang tua adalah membantu si kecil menenangkan respons stres itu. Ketika respons stres itu telah tenang, semuanya kembali normal dan bayi Anda benar-benar belajar bahwa dunia adalah tempat yang aman dan dapat diandalkan. Sebaliknya, jika si Kecil berada dalam situasi stres dan tidak memiliki orang dewasa yang penyayang untuk membantunya merasa lebih baik, maka akan menjadi dasar baginya mengalami kesulitan emosional di masa mendatang.

Bagaimana sebagai orang tua bisa belajar menunjukkan kasih sayang dan cinta kepada anak, jika saya sendiri tidak tumbuh dalam situasi penuh kasih sayang?

Menjadi orang tua itu sulit. Tapi Anda bisa mempelajarinya dengan baik jika Anda bertekad untuk itu. Berikut hal-hal yang bisa menjadi tolak ukur  bahwa Anda sebagai orang tua telah memberi anak Anda kasih sayang: Perhatikan bayi Anda, perhatikan apa yang dia butuhkan, tanggapi kebutuhannya dan pastikan saja Anda hadir dengan  penuh kehangatan.

Bagaimana cara meningkatkan kesehatan mental yang positif dalam keluarga?

Penelitian selama puluhan tahun telah mengajarkan ada dua hal  yang dibutuhkan anak-anak: 

  1. Membutuhkan rumah agar hangat
  2. Anak perlu merasa orang-orang di sekitarnya tampak menyukai mereka dan mereka membutuhkan kehidupan di rumah.

Jadi seorang anak membutuhkan struktur dan keandalan yang baik di sekitarnya. Jadi nikmati bayi Moms, nikmati anak Anda, bermain dengannya, ajak ia bicara, dan peluk dirinya. Cara ini akan membangun jalinan hubungan yang baik antara Anda bersama anak. 

Bolehkah orang tua menunjukkan emosi seperti marah atau sedih di depan anak?

Orang tua adalah guru pertama bagi anak. Ia akan belajar semua tentang perasaan dari Anda. Jadi ketika Anda dilanda rasa sedih atau tersakiti, boleh saja ditampilkan tapi dengan tidak berlebihan atau menakutkan. Selanjutnya, contohkan pula cara Anda mengelola perasaan yang menyakitkan atau sedih, seperti mencari solusi cara untuk mengatasinya, meredakan emosi dengan pergi keluar, berjalan-jalan, atau berkomunikasi dengan orang yang dipercaya  untuk bantuan solusi. Perlu diingat: Definisi kesehatan mental bukanlah sepanjang waktu Anda merasa tenang dan relaks dan bahagia. Pengertian kesehatan mental adalah bisa mengungkapkan perasaan dengan jujur dan tepat serta mengetahui cara mengelolanya.

Apa yang harus orangtua lakukan saat merasa kewalahan?

Jika merasa kewalahan, harus meluangkan waktu untuk mengelola stres Anda sendiri dulu. Ada banyak cara untuk mengatasi dan mengendalikan stres, seperti:

  1. Pastikan Anda mendapat dukungan sosial yang baik. Setiap orang membutuhkan seseorang untuk menyampaikan kekhawatirannya serta seseorang/kelompok yang membantunya untuk merasa terhubung dan diterima. 
  2. Temukan pengalih perhatian yang membahagiakan. Terkadang hanya perlu melakukan liburan mental, misalnya membaca buku sebentar atau menghabiskan waktu dengan seseorang yang Anda sayangi. Pengalihan pikiran membantu Anda mengatur ulang  dan merasa lebih baik. 
  3. Jaga kesehatan diri, Pastikan Anda cukup tidur, makan dengan baik, dan melakukan aktivitas fisik sebanyak yang Anda butuhkan. 

Jika  hal-hal tersebut dapat dillakukan. Bukan hanya akan merawat Moms dengan baik, melainkan juga membantu Moms dalam merawat bayi Moms dengan baik.