Mempertahankan kedamaian di rumah dengan anak lebih dari satu sudah tentu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan ya, Moms. Ada saja hal-hal yang terjadi dan bisa memicu konflik antara kakak dan adik. 

Walau tidak mungkin 100% tanpa konflik, Moms punya peran besar lho, dalam membuat rukun kakak dan adik. Bagaimana caranya? Mari kita simak tipnya berikut ini. 

Hormati perbedaan karakter 

Dilansir dari Mayoclinic, memperlakukan anak sama persis seringkali justru tidak praktis. Sebab, walaupun berasal dari rahim yang sama, kakak dan adik bisa saja memiliki kepribadian yang bertolak belakang dan memiliki preferensi berbeda. Oleh karena itu, sebaiknya Moms menghormati perbedaan tersebut dan menyesuaikan respons Moms sesuai dengan kepribadian masing-masing anak. Misalnya, alih-alih memberikan mainan yang persis sama antara kakak dan adik, belikan mainan yang sesuai dengan selera personal mereka saat itu. 

Tegakkan aturan dasar 

Ada banyak akar masalah penyebab konflik antara kakak dan adik. Tapi pada banyak kasus, konflik dipicu oleh keinginan untuk mendapat perhatian atau memperebutkan suatu benda. Hal seperti ini bisa dicegah dengan membuat aturan dasar yang disepakati bersama. Contohnya pada penggunaan TV, Moms bisa mengajak kakak dan adik untuk membuat jadwal menonton yang adil sehingga tidak terjadi perebutan pada waktu-waktu menonton. Cara yang sama juga bisa diterapkan pada penggunaan mainan dan bahkan waktu berkualitas dengan Moms atau Dads. 

Jangan membandingkan 

Membandingkan kemampuan kakak dengan adik atau sebaliknya bisa melukai batin dan menciderai fitrah mereka. Hindari mendiskusikan perbedaan yang mereka miliki di depan anak-anak. Ketika Moms ingin memuji salah satu di antara anak Moms, pujilah usaha dan pencapaian anak tersebut tanpa perlu membandingkan dengan saudaranya. Setiap anak terlahir dengan karakter dan bakat mereka sendiri. Mereka tidak harus ahli di bidang yang sama, karena mereka adalah orang yang berbeda dan unik meskipun berasal dari darah yang sama. 

Bangun koneksi 

Memperbanyak momen yang menuntut kakak dan adik untuk bekerja sama dalam tim akan membantu mereka untuk membangun koneksi. Moms bisa ajak anak-anak melakukan aktivitas atau proyek-proyek seni menyenangkan yang bisa mereka kerjakan bersama. 

Nah itu dia beberapa tip untuk membuat rukun kakak dan adik yang bisa Moms terapkan di rumah. Semoga bermanfaat.