Memiliki anak lebih dari 1 tentu memberi pelajaran sendiri bagi orangtua. Moms tidak hanya harus lebih bersabar menghadapi permasalahan setiap anak, namun juga harus dapat membagi waktu untuk memberi perhatian yang sama pada mereka. Ketika perbedaan usia antara kakak dan adik cukup jauh, hal ini dapat memperingan tugas Moms. Bagaimana jika keduanya adalah balita? Tentunya ini tantangan yang tidak ringan ya, Moms. Tapi, jangan khawatir, coba ikuti trik ini untuk menghadapi dua balita di rumah. 

Beri pengertian kepada kakak 

Tentunya kakak dengan usia yang lebih tua dari adik mampu berkompromi dengan Moms dan bisa diajak berkompromi. Berikan pengertian padanya ketika Moms tidak dapat menyanggupi permintaannya dikarenakan si adik sedang rewel. Tentu Moms tidak boleh menggunakan emosi saat memberi pengertian kepada si kakak. Jika urusan dengan si adik telah beres, jangan lupa untuk kembali menanggapi si kakak. Namun, pastikan perhatian Moms tidak tercurah pada si adik saja, karena itu bisa menjadi sumber kecemburuan si kakak. 

Mengapresiasi kebaikan yang dilakukan keduanya 

Ketika keduanya bermain, tentu akan timbul perselisihan yang biasanya disebabkan berebut mainan atau tidak ada yang mengalah. Nah, jika itu terjadi, cobalah untuk mengajak keduanya saling mengalah. Ketika si adik mau berbagi, apresiasi perbuatannya. Demikian pula jika si kakak membantu adiknya yang kesusahan. Cukup katakan 'Kakak hebat, terima kasih!' atau 'Adik hebat, terima kasih!' kepada mereka. 

Ajarkan mereka untuk saling menyayangi dan melindungi 

Perselisihan kerap terjadi terutama ketika adik dan kakak dalam fase balita. Mereka akan berebut kasih sayang dan cemburu satu sama lain. Mereka juga kerap berusaha menunjukkan keunggulan masing-masing demi mendapat apresiasi orangtua. Moms perlu membimbing mereka untuk saling menyayangi dan melindungi. Ketika adik butuh perhatian, ajak kakak turut andil menghibur adiknya. Demikian sebaliknya, sehingga mereka merasa saling membutuhkan satu sama lain. 

Jangan menghancurkan harga diri mereka di depan masing-masing 

Baik kakak maupun adik tentu akan merasa terkucilkan jika dihukum atau dinasihati di depan saudara mereka. Rasa egois, terutama pada balita masih cukup tinggi. Cobalah untuk menasihati empat mata saja. Buatlah kondisi rumah yang nyaman dan ajarkan mereka untuk tidak saling cemburu maupun iri. Setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ketika Mom memuji kakak sebagai anak yang rajin, maka jangan lupa untuk memuji si adik dengan kelebihannya. Jangan kecilkan hati mereka dengan mengunggulkan hanya salah satu dari mereka. Ingat, mereka adalah anak Mom semua, ya kan?