Belajar Bertanggung Jawab 

Ajarkan anak untuk selalu bertanggung jawab pada segala hal, terutama pada uang jajan yang Moms berikan. Batasi uang jajan per hari atau per minggunya. Biarkan anak berusaha keras agar uang tersebut cukup untuk satu hari atau satu minggu ke depan. Dengan begitu, anak akan memahami bahwa ia harus bertanggung jawab atas uangnya sendiri mau dipakai untuk apa. Anak pun akan bisa menyisihkan sisa uang jajannya untuk ditabung dan dibelikan barang berharga yang ia inginkan di kemudian hari.

Belajar Hidup Hemat 

Ingatkan anak tentang slogan ‘hemat pangkal kaya’.  Secara tidak langsung itu dapat memotivasi anak untuk lebih rajin menabung. Salah satu manfaat menabung adalah menghindari anak untuk berperilaku konsumtif. Jika sejak dini anak sudah diajarkan untuk menabung dan membeli barang-barang sesuai keperluan saja, maka ketika dewasa,  ia akan terbiasa dengan hal itu. Ajarkan juga bahwa di masa depan ia akan menemukan hal-hal tidak terduga yang perlu dipersiapkan keuangannya. 

Belajar Mengatur Keuangan 

Cobalah untuk membiarkan anak membeli suatu barang yang ia inginkan,  dari sisa uang jajan yang ia sisihkan. Cara ini akan mengajari anak untuk memilah dan menyesuaikan kapan  bisa membeli barang-barang yang ia inginkan dengan uang hasil tabungannya. Dengan begitu, anak akan terbiasa mengatur dan merencanakan keuangan ketika ia dewasa nanti. Moms juga bisa mengarahkan anak untuk memiliki target, seperti membeli mainan atau liburan bersama. Tentu saja dengan menggunakan uang hasil tabungan anak Moms sendiri. 

Belajar Disiplin 

Menabung dapat mengajarkan anak untuk lebih disiplin. Moms bisa menetapkan jumlah nominal untuk ditabung setiap harinya. Lalu, Moms juga bisa memberikan sanksi apabila anak tidak menabung di salah satu hari. Jika Moms merasa cara tersebut cukup kejam, boleh saja Moms tidak menerapkannya. Sebagai gantinya, Moms bisa menasihati dan memantau kegiatannya saja. Jangan lupa untuk selalu mengingatkan anak untuk rajin menabung. 

Belajar Menghargai Uang 

Beri pemahaman pada anak bahwa uang tidak mudah dicari jika tanpa usaha. Pemborosan atau membuang uang untuk hal-hal tidak penting termasuk kategori tidak menghargai uang. Moms bisa menyarankan anak untuk berwirausaha. Melalui cara tersebut, anak akan bisa menghasilkan uang dengan usahanya sendiri. Anak akan merasa bangga dengan dirinya sendiri dan bertekad untuk menabung lebih banyak lagi.