Salah satu kekhawatiran yang sering dibicarakan oleh para Moms adalah ketika si Kecil tampak rewel dan tidak nyaman bertemu orang baru. Sebenarnya wajar tidak ya ketakutannya? Apa sebaiknya yang Moms lakukan saat si Kecil takut bertemu orang baru? Nah, biar tidak bingung, Moms bisa simak ulasannya di bawah ini. 

Bagian dari tumbuh kembang normal 

Ketika bayi mulai membangun kelekatan dengan orangtua atau pengasuhnya sehari-hari, bayi akan mulai menunjukkan ketakutan pada orang asing. Mereka akan cenderung memilih bersama orang dewasa yang familiar dengan mereka. Hal ini akan mulai semakin terasa pada usia 7-10 bulan seiring dengan perkembangan indera penglihatan dan pendengaran mereka yang semakin sempurna. Hal ini merupakan hal yang wajar terjadi, dan bisa menghilang sendiri setelah beberapa bulan, antara usia 18 bulan hingga 2 tahun.

Baca Juga : Helicopter Parenting dan Dampaknya Bagi Anak

Bantu anak mengatasi ketakutannya 

Walaupun ketakutan bertemu orang baru adalah hal yang normal terjadi, tetapi Moms tetap harus membantu anak untuk melewati rasa takutnya. Tidak dengan cara menepis atau menyangkal rasa takutnya, namun Moms bisa mengkondisikan si Kecil untuk tetap merasa aman. Saat si Kecil takut bertemu orang baru, Moms bisa genggam tangannya atau dudukkan dia di pangkuan Moms agar dia merasa terlindungi. Jika ingin mengenalkan seseorang yang baru, usahakan melakukannya di rumah, tempat di mana dia merasa paling aman. Jangan memaksanya untuk mendekatkan diri ketika jelas-jelas dia berontak dan menunjukkan ketidaknyamanannya. Moms bisa membawanya menjauh dulu, dan berikan ruang bagi anak untuk menyalurkan emosinya.

Baca Juga : Atasi Rasa Takut Anak dengan Cara Berikut

Lakukan secara perlahan

Sebagian anak memang terlahir dengan kewaspadaan yang lebih tinggi pada orang ketimbang situasi. Oleh sebab itu, Moms harus sabar dan tidak terburu-buru mengenalkan orang baru pada anak. Biasakan anak secara perlahan untuk belajar beradaptasi dengan pertemuan dengan orang baru. Tenangkan juga diri Moms, karena anak-anak sangat cepat merasakan energi kekhawatiran dari orangtua dan ikut terdampak dari kecemasan yang ditularkan orangtuanya. 

Nah, saat si kecil takut bertemu orang baru padahal sudah berusia di atas 2 tahun, Moms bisa membantunya dengan membangun kemandiriannya. Caranya? Berikan tugas-tugas rumah sederhana untuk dilakukannya sendiri, seperti mengenakan pakaian atau membereskan mainannya. Namun jika kecemasan si kecil tampak tidak membaik atau justru semakin buruk, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog atau dokter anak ya, Moms.

Baca Juga : Penyebab Anak Malas dan Cara Mengatasinya