Memasuki usia prasekolah, atau sekitar usia 3-5 tahun, akan muncul berbagai tantangan pengasuhan baru bagi setiap orangtua. Ego dan ledakan emosi yang mulai muncul, seringkali membuat orangtua kewalahan menghadapi sang buah hati. 

Keinginan si Kecil untuk mulai mandiri juga seringkali berbenturan dengan orangtua yang acapkali masih menganggap anaknya bayi. Nah, supaya Moms tidak terlalu frustasi pada fase yang menakjubkan ini, ayo kita simak tip parenting positif dari CDC.gov berikut ini. 

Bacakan buku secara nyaring 

Tahukah Moms, membacakan buku secara nyaring pada anak usia dini memiliki banyak manfaat? Tidak hanya membangun kecerdasan literasi dan menambah kosakata anak, dalam sebuah studi yang dilakukan di New York bahkan ditemukan membaca nyaring memiliki korelasi positif terhadap perilaku anak, seperti: mengurangi hiperaktivitas, masalah fokus, dan agresivitas anak. Pilihlah buku-buku dengan gambar yang bercerita dan mengandung pesan yang ingin Moms sampaikan. 

Berikan dia tugas 

Tip parenting anak prasekolah berikutnya adalah dengan memberikan si kecil tugas-tugas kecil dari pekerjaan rumah tangga sebagai tanggung jawabnya. Contohnya, Moms bisa mulai membiasakan anak merapikan kasurnya sendiri. Tidak harus rapi sekali, minimal menyusun bantalnya. Bisa juga, membiasakan si Kecil menaruh baju kotornya sendiri ke keranjang cucian. Ajak juga si Kecil menjemur pakaian yang telah dicuci. Melakukan tugas-tugas sederhana seperti ini adalah kegiatan yang seru untuk si kecil lo, Moms. 

Biasakan anak membuat pilihannya sendiri 

Si Kecil tidak lagi seorang bayi. Hasratnya untuk menunjukkan kemandirian sedang menggebu-gebu pada usia ini. Dia akan senang ketika merasa punya kontrol pada hal-hal yang menyangkut dirinya. Nah, untuk memfasilitasi perkembangan mentalnya ini, Moms bisa membiasakan untuk memberikan dia kebebasan dari beberapa pilihan yang Moms tawarkan. 

Tapi, jangan terlalu banyak pilihan juga ya, Moms, karena akan membuatnya bingung. Misalnya, ketika akan makan siang, Moms bisa menawarkan apakah dia ingin makan ayam atau telur. 

Contoh lainnya bisa juga ketika memilih pakaian yang ingin dikenakannya hari itu. Meskipun pilihan yang bisa diambilnya masih terbatas dari opsi yang ditawarkan orangtua, anak usia prasekolah senang ketika diberikan kewenangan untuk menentukan pilihan. 

Selain tip parenting positif di atas, Moms juga harus memperhatikan keamanan anak-anak usia ini. Mulai mengajarkan anak untuk waspada pada orang asing dan kendaraan yang lewat tidak boleh lupa diajarkan pada mereka. Happy parenting, Moms!