Ingin lekas punya momongan? Lakukan langkah alami berikut ini untuk meningkatkan kesuburan. 

Masalah kesuburan dihadapi oleh sekitar 15% pasangan suami istri yang sedang menjalani program hamil. Untungnya, ada beberapa solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut, mulai dari intervensi medis hingga penanganan alami. Berikut beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan di rumah:

Konsumsi makanan kaya antioksidan

Radikal bebas mampu merusak kualitas sel telur dan sperma. Konsumsi antioksidan berguna menghambat pengaruh radikal bebas tersebut. Penelitian menemukan terjadi peningkatan kehamilan pada pasangan yang mengonsumsi suplemen antioksidan sebanyak 23% dibandingkan yang tidak mengonsumsi suplemen antioksidan.

Sarapan dalam porsi lebih banyak

Penelitian menyatakan bahwa rutin sarapan dalam porsi lebih banyak mampu membantu mengatasi kondisi polycystic ovary syndrome (PCOS), yang merupakan masalah utama penyebab ketidaksuburan. Pada wanita PCOS dengan berat badan normal, dengan mengonsumsi kalori terbanyak pada saat sarapan disbandingkan waktu makan lain dapat mengurangi kadar hormon insulin sebanyak 8% dan testosteron sebanyak 50%. Peningkatan kedua hormon inilah yang menyebabkan infertilitas.

Hindari konsumsi lemak trans

Selain bisa meningkatkan risiko penyakit pada pembuluh darah seperti sakit jantung dan stroke, konsumsi lemak trans yang terdapat dalam gorengan dan aneka produk makanan olahan, juga bisa meningkatkan risiko kemandulan hingga 31%.

Perbanyak konsumsi protein nabati

Mengganti konsumsi protein hewani seperti daging, telur, dan ikan dengan protein nabati seperti biji-bijian dan kacang-kacangan bisa membantu menurunkan risiko ketidaksuburan. Menurut penelitian, konsumsi protein hewani yang tinggi bisa meningkatkan peluang infertilitas hingga 32%

Tingkatkan konsumsi serat

Beberapa jenis serat tertentu dapat membantu membuang kelebihan hormon esterogen melalui saluran cerna yang seringkali menjadi penyebab ketidaksuburan, serta membantu menyeimbangkan kadar gula darah.

Rutin olahraga

Rutin berolahraga akan membantu melancarkan peredaran darah sehingga organ-organ tubuh termasuk organ reproduksi, bisa berfungsi dengan baik. Lakukan olahraga dalam porsi seimbang. Pasalnya, olahraga berlebihan juga bisa mengakibatkan siklus menstruasi tidak teratur dan menurunkan kesuburan menurun.

Hindari stres

Kondisi stres bisa mengganggu keseimbangan hormon sehingga berdampak negatif pada kesehatan. Penelitian menyatakan bahwa kondisi cemas, stres, dan depresi bisa menurunkan tingkat kesuburan hingga 30%