Moms tentu mengenal terapi akupuntur yang telah dikembangkan selama berabad-abad dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Terapi ini untuk meningkatkan kesehatan dan menyembuhkan penyakit. Namun, seiring perkembangan zaman, terapi akupuntur mulai digunakan untuk program hamil seperti mengatasi berbagai masalah kesuburan dan masalah lain yang berkaitan dengan kehamilan. 

Manfaat akupuntur 

Berikut adalah beberapa manfaat akupunktur untuk infertilitas: 

-Terapi akupuntur membantu mengatasi masalah kesuburan dan meringankan gangguan yang berkaitan dengan kehamilan seperti morning sickness

- Membantu mengatasi masalah keguguran yang terus berulang. 

-Memperbaiki lapisan endometrium, termasuk meningkatkan aliran darah ke rahim. -Membantu mengatur kadar hormon, khususnya hormon pelepas gonadotropin, yang akhirnya dapat memperbaiki tingkat ovulasi. 

-Membantu mereka yang memiliki masalah tiroid, yang dapat menyebabkan masalah pada kesuburan. 

-Menambah jumlah folikel yang dihasilkan selama bayi tabung (IVF) dan meningkatkan peluang hamil selama IVF, apabila akupuntur dilakukan saat transfer embrio. 

- Mengurangi tingkat stres dan kecemasan. 

- Kemungkinan terjadi ovulasi pada wanita dengan PCOS. 

- Kemungkinan peningkatan jumlah sperma dan kualitas pada pria dengan infertilitas 

Cara kerja teknik akupuntur

Berikut adalah beberapa teknik akupuntur untuk infertilitas: 

-Teknik menekan dengan jari,  biasa digunakan sebagai pengganti jarum untuk merangsang titik-titik akupuntur, yang disebut “Akupresur.” Teknik ini mudah dan praktis, sehingga Moms bisa melakukannya sendiri di rumah sesuai saran ahli akupuntur. 

-Teknik akupuntur lainnya adalah moxibustion, menggunakan ramuan herbal (mugwort) yang dibakar pada titik-titik energi tertentu. Teknik ini memberikan efek yang sangat menenangkan, lho Moms. 

Berikut ini beberapa hal yang perlu Moms ketahui tentang akupuntur untuk program hamil : 

Bagaimana akupuntur bisa memengaruhi kesuburan? Akupuntur bisa berpengaruh pada kesuburan seseorang. Efek positif dari teknik ini yakni membantu memperbaiki aliran darah ke rahim dan ovarium. Teknik ini juga terbukti dapat meningkatkan kualitas sperma dan indung telur serta dapat menyeimbangkan sistem hormon dalam tubuh. Dengan demikian, Moms punya harapan lebih besar untuk hamil. 

Kapan tetapi ini dilakukan? Sebenarnya tidak ada ketentuan khusus untuk melakukan terapi ini. Moms bisa mengikuti terapi ini jika dirasa tidak kunjung mendapat momongan. Namun idealnya, terapi ini bisa dilakukan ketika Moms memang benar-benar didiagnosa menderita gangguan fungsi pada reproduksi yang menyebabkan ketidaksuburan atau sulit hamil.

Bisakah dikombinasikan dengan program lain? Terapi akupuntur bisa membantu kesuksesan IVT atau program bayi tabung. Moms yang mengikuti terapi akupuntur selama beberapa bulan sebelum mengikuti program bayi tabung, memiliki peluang lebih besar akan keberhasilan program bayi tabung tersebut. 

Akupuntur juga bisa meningkatkan program hamil dengan cara menurunkan tingkat stres. Stres diyakini menjadi pemicu terhambatnya aliran darah masuk ke organ reproduksi. Teknik akupuntur ini bisa bantu menurunkan tingkat stres karena jarum yang digunakan bisa merangsang bagian saraf yang membuat Moms jauh lebih relaks.Dengan demikian, aliran darah semakin lancar dan kesuburan pun meningkat serta meningkatkan kualitas tidur dan pencernaan.