Pengertian program kehamilan secara singkat adalah suatu program yang dilaksanakan dengan tujuan akhir mendapatkan kehamilan. Di dalam pelaksanaannya, Moms dan pasangan harus turut serta dalam menjalankan program hamil tersebut. 

Karena itu, tidak hanya Moms yang harus mengubah pola hidup, tetapi Dads juga. Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa penerapan pola hidup  sehat akan berpengaruh terhadap peluang untuk memiliki anak. Beberapa pola hidup sehat yang harus diterapkan selain istirahat yang cukup,  serta rutin berolahraga adalah makan makanan yang bergizi. Kekurangan vitamin hingga zat gizi akan mempengaruhi kualitas sel sperma. Sel sperma yang sehat berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan pembuahan. Perlu Moms ketahui, tidak semua makanan bagus untuk meningkatkan kualitas sel sperma. Berikut adalah beberapa  makanan yang harus dihindari untuk menjaga kualitas sperma : 

Makanan cepat saji

Makanan cepat saji mungkin sering menjadi pilihan atau bahkan menjadi makanan utama. Tetapi perlu diketahui, selain memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi, makanan ini juga memiliki kadar kalori tinggi dengan minim nutrisi. Sebuah studi di AS bahkan menyebutkan pria yang rutin mengonsumsi makanan cepat saji akan mengakibatkan jumlah produksi spermanya berkurang. Produksi sperma yang tidak maksimal akan memengaruhi tingkat keberhasilan program hamil yang sedang Moms jalani lho! 

Minuman beralkohol

Selain memang tidak baik untuk kesehatan secara keseluruhan, alkohol juga bisa memengaruhi kualitas sperma. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi alkohol secara berlebihan akan menyebabkan penurunan kualitas sperma hingga bisa merusak embrio jika sperma yang mengandung alkohol membuahi sel telur. 

Minuman bersoda 

Minuman bersoda memang sangat nikmat apalagi disandingkan dengan makanan cepat saji. Tapi tahukah Moms ? Soda memiliki efek jahat untuk kesehatan, khususnya untuk sperma. Minuman bersoda memiliki kandungan gula yang tinggi, sehingga  hingga bisa mengakibatkan resistensi insulin. Kondisi ini bisa berlanjut menjadi peradangan dan mempengaruhi kualitas sperma. 

Makanan kaleng dan daging olahan. 

Rasa yang gurih hingga pengolahan yang mudah tidak jarang kedua makanan ini masih menjadi primadona di berbagai kalangan. Tetapi kedua makanan di atas bisa menyebabkan gangguan kesehatan termasuk mengganggu produksi sperma,hingga mengurangi kualitas sperma. Makanan di atas mengandung banyak lemak jenuh hinggan Bisphenol-A. Penelitian menunjukkan pria yang mengonsumsi kedua makanan di atas secara rutin, akan memiliki kualitas sperma 23 persen lebih rendah dibanding mereka yang jarang mengonsumsi. 

Jadi, bila ingin kualitas sperma yang prima konsumsi makanan yang memiliki nutrisi tinggi, istirahat yang cukup serta aktif berolahraga.