Kehadiran sang buah hati sangat dinantikan oleh setiap pasangan suami-istri. Bagaimana caranya agar bisa menjalankan program hamil yang benar? Apakah Moms harus berhubungan intim setiap hari? Atau Moms harus diet khusus? Bagi beberapa orang, proses kehamilan bisa jadi cepat terjadi. Namun, bagi yang lainnya mungkin butuh waktu dan usaha lebih keras lagi. 

Untuk mendapatkan keturunan diperlukan program yang tepat, salah satunya adalah mengenali masa subur. Umumnya, siklus menstruasi adalah 28 hari. Jika dengan siklus begitu, maka masa suburnya adalah 12-16 hari sebelum menstruasi berikutnya. Tetapi, jika Moms memiliki siklus menstruasi yang berbeda, bisa dihitung sendiri kapan masa suburnya. Agar dapat menghitung masa subur, pertama kali Moms harus mencatat tanggal hari pertama menstruasi setiap bulan setidaknya selama 8 bulan. 

Dilansir dari WEBMD, setelah Moms mendapatkan rata-rata siklus menstruasi, barulah mulai menghitung. Misalnya saja siklus terpendek adalah 22 hari, maka kurangi dengan 18, hasilnya 4. Lalu siklus terpanjangnya adalah 30 hari, kurangi dengan 11, hasilnya adalah 19. Maka, dengan siklus rata-rata 22-30 hari, masa paling suburnya adalah hari ke-4 sampai hari ke-19. 

Selain dengan perhitungan dari siklus menstruasi, Moms juga perlu mengetahuinya dari beberapa indikator berikut ini: 

Meningkatnya Suhu Basal Tubuh 

Dalam masa subur, suhu tubuh Moms di pagi hari akan lebih tinggi dari biasanya. Cobalah untuk mengukur suhu Moms setiap pagi sebelum turun dari tempat tidur. Setelah beberapa bulan, Moms akan mengenali polanya. 

Adanya Lendir dari Mulut Rahim 

Saat ovarium Moms bersiap untuk melepaskan sel telur, serviks membuat lebih banyak lendir. Beberapa hari sebelum ovulasi, mungkin lengket dan keruh atau keputihan. Lalu, tepat sebelum berovulasi, lendir berubah menjadi licin dan terlihat seperti putih telur. Cairan inilah yang akan membantu jalannya sperma bertemu dengan sel telur. Tahap ini biasanya berlangsung 3 atau 4 hari. 

Nyeri pada Perut atau Sebagian Punggung 

Mungkin Moms termasuk wanita yang sering merasakan nyeri ringan hingga berat pada bagian perut atau sebagian punggung ketika selesai menstruasi? Bisa jadi Moms sedang berada di masa subur, karena sebagian wanita merasakan hal ini di masa suburnya. 

Merasa Lebih Bergairah 

Setidaknya dalam satu bulan Moms merasa lebih bergairah dan bersemangat sekali. Hal itu juga termasuk indikator masa subur. 

Jadi, sudah tahu kan kapan waktu yang tepat untuk berhubungan seks dengan suami? Dengan mengetahui waktu dan program yang tepat, akan membantu Moms untuk merencanakan kehamilan.