Kehamilan memang hal yang didambakan setiap pasangan. Memiliki bayi tentu hal yang paling membahagiakan,  maka tidak jarang seorang calon Moms sangat excited untuk segera melakukan tes kehamilan ketika jadwal haidnya sedikit terlambat. Ternyata,  tes kehamilan dengan test pack masih dalam kategori "mungkin hamil" bukan pasti hamil karena alat tes tersebut bisa saja tidak valid atau cara dan waktu melakukan tesnya kurang tepat. 

Testpack sejatinya bertugas untuk mengukur hormon HCG di dalam urin Moms. Hormon ini biasanya disekresikan oleh plasenta yang sedang berkembang. Hormon ini sangat pesat di usia kehamilan kurang lebih 9-12 minggu pertama usia kehamilan. Berikut adalah tips agar tidak terkecoh dengan hasil testpack, antara lain : 

Tes pada waktu yang tepat 

Tes pada waktu yang tepat di sini berarti, hormon HCG sedang pekat konsentrasinya di dalam urin yakni ketika 1-2 minggu setelah terlambat haid atau pada saat pagi hari. Kenapa di pagi hari,  karena dalam sehari urin manusia memiliki kepekatan dan komposisi yang berbeda. Urin pagi hari dianggap sebagai urin yang paling pas untuk mengukur hormon HCG ini karena paling pekat sehingga diasumsikan konsentrasi hormon HCG paling bagus. 

Gunakan alat dengan tepat 

Setiap memakai alat test pack,  biasakan untuk membaca aturan pemakaian atau petunjuk pemakaiannya, karena ketika Moms salah dalam pemakaian juga akan memengaruhi keakuratan hasil dari tes kehamilan tersebut. 

Terdapat kerusakan pada alat 

Sebelum melakukan pengetesan hendaklah Moms memerhatikan alat tesnya apakah masih bagus atau tidak. Karena kerusakan pada alat juga akan memengaruhi hasil tes, dan perhatikan juga cara penyimpanan test pack sebelum digunakan sesuai  anjuran penyimpanan yang dijelaskan di dalam produk. 

Volume urine yang tidak tepat 

Volume urin yang terlalu sedikit akan sangat berpengaruh terhadap hasil tes kehamilan. 

Terdapat kehamilan abnormal 

Ada beberapa situasi yang bisa mempengaruhi hasil test pack menjadi tidak valid yakni adanya abortus atau keguguran, hamil ektopik dan beberapa penyakit gangguan hormon. Test pack bukan merupakan satu-satunya alat yang bisa membantu moms untuk mengetahui apakah Moms sedang hamil atau tidak. Sebaiknya kunjungi dokter kandungan untuk mengetahui secara pasti. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan menggunakan USG, Doppler Dan bahkan Rontgen untuk mendapatkan hasil yang valid.