Kehamilan merupakan hal yang sangat dinantikan oleh setiap wanita. Setelah menjadi istri, seorang wanita pun ingin menjadi seorang ibu, sesuai  dengan fitrahnya. Akan tetapi, tidak sedikit pasangan yang mengharapkan dan menantikan kehadiran buah hati,  tetapi belum juga dikaruniai buah hati. Meskipun mereka telah melakukan  berbagai program hamil dan juga mengikuti tip yang diberikan oleh bidan ataupun dokter kandungan. 

 

Ada beberapa penyebab seorang wanita susah hamil.  Hal itu bisa disebabkan oleh beberapa hal,  di antaranya gaya hidup yang tidak sehat, begadang, gangguan pada organ reproduksi dan lain sebagainya. Para ahli juga mengatakan bahwa penyebab susah hamil dapat ditemukan bahkan dari hal yang sepele seperti penggunaan smartphone

 

Berikut ini kebiasaan buruk penghambat kehamilan yang harus dihindarkan: 

 

Mengonsumsi alkohol dan merokok 

Kebiasaan mengonsumsi alkohol dan merokok dapat memengaruhi kualitas sel telur dan fertilitas pada wanita. Selain itu, kebiasaan mengonsumsi alkohol dan merokok berisiko meningkatkan kecacatan pada bayi, keguguran dan juga persalinan prematur. Oleh karena itu, jika kita ingin segera memiliki buah hati, maka berhentilah mengonsumsi alkohol dan merokok. Setelah itu, tetap terapkan pola hidup yang sehat dalam kehidupan sehari-hari.

 

Stres dan gaya hidup yang tidak sehat 

Wanita modern cenderung memiliki kepribadian tipe-A, yang ditandai dengan sifat workaholic (pecandu kerja), sangat ambisius, dan cenderung merasa cemas dan mudah stres. Hal ini tentunya tidak baik bagi kesehatan. Dalam hal ini,  diperlukan peran suami agar kesehatan mentalnya tetap terjaga. Selain itu,  agar segera dikaruniai buah hati, maka pasangan perlu bersantai untuk melakukan hubungan intim secara teratur.

 

Sering begadang 

Begadang sangat tidak dianjurkan,  terutama bagi wanita. Efeknya mungkin tidak disadari sekarang, tapi akan berdampak buruk bagi kesehatan nantinya. Begadang juga memiliki efek tidak baik bagi organ reproduksi wanita, karena hormon pada tubuh akan mengalami ketidakstabilan yang akan memengaruhi hormon menstruasi, yaitu  hormon estrogen dan  progesteron. 

 

Diet 

Ahli diet melaporkan bahwa banyak wanita yang mengalami kekurangan yodium dan vitamin D. Kurangnya vitamin D dan yodium bisa  meningkatkan stres yang dapat berakibat pada masalah kesuburan. Hal ini tentunya akan menghambat seorang wanita untuk bisa hamil.