Test pack merupakan alat uji kehamilan dengan cara mendeteksi kadar hormon human chorionic gonadotropin (HCG) pada urin. HCG ini hanya terdapat pada perempuan hamil dan yang menentukan muncul tidaknya garis dua pada hasil test pack. 

HCG diproduksi oleh plasenta di dalam rahim. Menurut Mayo Clinic, produksi HCG dimulai segera setelah janin menempel di rahim. Dua atau tiga hari sesudahnya, jumlah HCG akan menjadi dua kali lipat. Semakin banyak jumlah HCG akan  semakin akurat hasil tesnya. 

Saat proses tersebut masih baru terjadi, jumlah hormon hCG yang dihasilkan masih sangat sedikit. Itulah mengapa hasil test pack yang positif seringkali garis keduanya tampak masih samar-samar. Ada pun jenis testpack sebagai berikut: 

Testpack strip 

Yaitu alat tes kehamilan berupa strip plastik yang dicelupkan pada wadah berisi urin. Untuk mengetahui kadar hormon HCG, celupkan strip selama 5 hingga 10 detik ke dalam wadah berisi urin. Jangan melewati garis yang tertera pada strip. Setelah 10 detik, Moms dapat melihat hasilnya. Garis dua berwarna merah yang muncul menandakan Moms positif hamil. Garis satu pertanda Moms belum hamil. Testpack strip ini paling banyak dan mudah dicari,  ada berbagai merk.  Harga paling ekonomis, mulai dari Rp 2.500 - Rp 50.000. 

Testpack dengan wadah urin 

Yaitu alat tes kehamilan berupa stick yang dapat digunakan dengan cara meneteskan urin di atas penampung urin pada stick. Testpack yang satu ini lebih praktis. Hasil yang terlihat berupa tanda (+) jika hamil dan (-) apabila tidak hamil. 

Testpack digital 

Test pack digital ini alat tes kehamilan berupa stick dengan ujung stick yang dapat dipasang stripe untuk menyerap urin. Untuk membaca hasilnya, posisikan stripe mendatar rata. Stripe ini setelah dipakai dapat diganti dengan stripe refill. Harga testpack ini lumayan mahal namun bisa digunakan kembali. Kelebihan testpack jenis ini, sangat sensitif,  sehingga dapat digunakan 5 hari sebelum telat haid, dengan akurasi 99,9% akurat. 

Waktu paling tepat untuk tes kehamilan yaitu setelah bangun tidur di pagi hari. Karena, kadar HCG di pagi hari lebih tinggi.Hindari juga minum sebelum menggunakan testpack supaya tidak mengurangi konsentrat HCG. Dan, yang paling penting baca secara detail petunjuk pada kemasan testpack, terutama tanggal kadaluwarsanya.