Indonesia merupakan negara yang sangat subur.  Moms bisa dengan mudah menemukan banyak jenis bahan makanan di negara kita ini, salah satunya adalah berbagai jenis kacang-kacangan. 

Seperti kita ketahui,  kacang-kacangan memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita. Salah satu jenis kacang-kacangan yang bisa ditemukan dengan mudah adalah kacang hijau. 

Kacang hijau yang memiliki nama latin vigna radiata adalah jenis kacang yang berukuran kecil dan berwarna hijau. Selain rasanya yang enak dan mudah diolah, kacang hijau juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. 

Manfaat kacang hijau yang mungkin sering kita dengar adalah untuk kehamilan. Apa saja peran kacang merah dalam program kehamilan? 

Tinggi nutrisi 

Tahukah Moms bahwa kacang hijau yang sering kita temui itu,  kaya akan nutrisi. Salah satu nutrisi yang dimiliki oleh kacang hijau adalah asam folat. Kacang hijau setidaknya mengandung 80% asam folat dari kebutuhan harian Moms. Selain asam folat,  Moms juga bisa mendapatkan mikronutrien lainya seperti zink, protein hingga potasium dan vitamin B. 

Baik untuk penderita PCOS 

PCOS adalah kondisi Kesehatan yang ditandai dengan ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Walaupun penyebab PCOS masih belum diketahu secara pasti,  tetapi beberapa penelitian menemukan bahwa PCOS memiliki hubungan dengan kadar insulin di dalam tubuh yang memengaruhi kesehatan rahim. Kacang hijau memiliki kandungan d-chiro inositol yang  mampu membantu mengembalikan sensitivitas insulin. 

Menjaga kesuburan

Kandungan mineral dan zat besi yang terdapat pada kacang hijau mampu membantu menjaga kesuburan rahim lho Moms. 

Membantu mengurangi peradangan 

Sebuah studi menyebutkan bahwa kacang hijau  mampu mengurangi peradangan di dalam tubuh. Khususnya peradangan yang terjadi pada rahim yang dapat menganggu kesuburan Moms. Sehingga, mengonsumsi kacang hijau baik untuk mengurangi peradangan tersebut. 

Mengandung Omega-3 

Siapa disini yang belum kenal si omega-3? Selain manfaat kesehatan secara keseluruhan,  omega-3 juga memiliki andil dalam memelihara kesehatan organ reproduksi Moms, seperti membantu menormalkan siklus haid dan yang lainnya. 

Bagaimana Moms?  Banyak, bukan manfaat kacang hijau untuk program hamil. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya Moms.