Memiliki anak adalah dambaan setiap pasangan pasca menikah. Namun tidak semua pasangan bisa mendapatkan anak dengan mudah. Pasangan yang ingin cepat memiliki anak tentunya akan melakukan berbagai cara untuk mewujudkannya. Salah satu cara agar cepat hamil yaitu dengan menjalankan gaya hidup sehat dan menghindari beberapa faktor penyebab infertilitas.  

 

Nah,  salah satu upaya yang perlu dilakukan bagi pasangan yang sedang menjalani program kehamilan adalah memperbanyak asupan vitamin D. Jangan sepelekan manfaat vitamin D bagi perempuan lho. Beberapa manfaat vitamin D di antaranya adalah mengurangi inflamasi sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kemampuan embrio berkembang di rahim pada awal kehamilan, meningkatkan kekuatan otot dan produksi hormon, serta  mengurangi peradangan dan pertumbuhan sel. 

 

Adapun asupan makan yang berperan penting dalam memengaruhi kesuburan seorang wanita. Apalagi untuk pasangan yang sedang menjalani program hamil,  asupan makanan yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral sangat disarankan. Kebutuhan vitamin harian yang tercukupi tidak hanya membuat kesehatan tubuh terjaga namun juga dapat meningkatkan kesuburan. Salah satu vitamin yang sangat baik untuk meningkatkan kesuburan yaitu vitamin D. 

 

Vitamin D membantu dalam penyerapan juga pengaturan mineral di dalam tubuh berupa kalsium dan fosfat yang didapat dari makanan. Dalam kandungan vitamin D yang berasal dari sinar matahari memiliki manfaat yang sangat baik untuk meningkatkan jumlah sperma pria,  juga menyeimbangkan hormon seksualitas pria dan wanita. 

 

Sumber vitamin D terbaik dan alami yaitu sinar matahari di pagi hari antara pukul 7 sampai 10 pagi. Disarankan berjemur setidaknya 20 menit setiap harinya. Wanita yang jarang terkena sinar matahari berisiko mengalami proses  ovulasi yang rendah. 

 

Tidak hanya dari sinar matahari, vitamin D bisa didapat dari beberapa makanan,  seperti telur, minyak ikan, juga hati.  Mengonsumsi suplemen vitamin D juga bisa dilakukan sebagai cara cepat untuk memenuhi kebutuhan auspan vitamin D harian. Dengan memenuhi asupan vitamin D pada saat program hamil akan sangat membantu meningkatkan kesuburan dan mempercepat kehamilan.