Asam folat sangat diperlukan tubuh Moms saat menjalani kehamilan. Namun, tahukah Moms,  bahwa mengonsumsi asam folat saat merencanakan kehamilan jauh lebih besar manfaatnya dibanding setelah moms dinyatakan positif hamil? Yuk, kita cari tahu apa saja manfaat asam folat saat program kehamilan.

Meningkatkan kualitas telur dan sperma 

Jangan salah ya, Moms, konsumsi asam folat tidak hanya diperuntukkan bagi kaum wanita saja, tetapi calon dads juga sebaiknya konsumsi, lho. Bukan tanpa alasan, rutin mengonsumsi makanan tinggi asam folat dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Asam folat banyak ditemukan di dalam sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, brokoli, dan juga alpukat. 

Mencegah terjadinya perkembangan janin yang tidak sempurna 

Dengan rutin mengonsumsi asam folat sebanyak 400 mikrogram minimal 1-3 bulan, maka saat Moms hamil akan mengurangi risiko perkembangan janin yang tidak sempurna, seperti kecacatan pada otak dan saraf. Jika Moms belum yakin dengan dosis asam folat yang dikonsumsi di dalam makanan sehari-hari, Moms dianjurkan juga untuk mengonsumsi asam folat yang dijual dalam bentuk tablet ataupun dalam susu khusus hamil.

Menurunkan risiko preeklampsia pada kehamilan 

Preeklampsia adalah kelainan atau gangguan yang ditandai dengan adanya protein yang terdapat di dalam urin, serta tingginya tekanan darah. Preeklampsia merupakan salah satu penyebab utama kematian serta penyakit pada bayi dan ibu hamil di seluruh dunia. Kabar baiknya, dengan rutin mengonsumsi asam folat,  dapat menurunkan risiko hamil dengan preeklampsia, lho, Moms. 

Mencegah anemia 

Salah satu fungsi asam folat adalah membentuk sel darah merah. Jika Moms kekurangan asam folat saat hamil, maka sel kadar merah menurun, sehingga produksi sel darah merah di bawah normal. Itulah sebabnya Moms hamil juga harus rutin mengonsumsi vitamin, salah satunya asam folat agar terhindar dari anemia. 

Dengan membaca artikel ini, sekarang Moms tahu kan, manfaat asam folat, terutama bagi Moms yang sedang merencanakan kehamilan. Namun, perlu diingat juga ya,  Moms, konsumsi asam folat yang berlebih dalam bentuk tablet juga tidak dianjurkan. Jumlah maksimal yang dianjurkan adalah 1000 mikrogram, tidak boleh lebih dari itu ya, Moms.