Impian setiap pasangan adalah memiliki keturunan dan impian setiap wanita adalah melahirkan bayinya, baik normal ataupun caesar bukan masalah. Karena yang terpenting adalah membawa kehidupan baru kedalam dunia untuk meneruskan keturunan, meneruskan perjuangan dan menjaga masa depan.

Waktu biasanya menjadi patokan untuk setiap pasangan untuk menentukan kapan akan memulai perjuangan promil atau berusaha lebih lagi, dalam mewujudkan impian untuk mendapat keturunan.

Satu atau dua tahun mungkin belum terasa cukup untuk memulai usaha lain di luar usaha alami dalam mencoba mendapatkan keturunan, namun tidak sedikit pula pasangan yang sudah memulai program hamil (non alami) dengan bantuan herbal ataupun pergi menemui dokter ahli. Bisa jadi ada beberapa hal yang terjadi pada tubuh atau organ reproduksi yang mungkin saja dapat mempengaruhi kemungkinan untuk hamil.

Tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan dan tidak sedikit pula waktu yang harus ditunggu begitupun tidak sedikit para dokter ahli yang harus ditemui untuk konsultasi dalam mendapatkan solusi untuk bisa mendapatkan kehamilan.

Hal yang patut dihargai adalah perjuangan para pasangan yang berusaha untuk mendapatkan kehamilan, baik melalui metode alami, herbal, hingga program bayi tabung oleh dokter ahli fertilitas (SpOG KFER) dengan variasi harga. Dan perlu diketahui bahwa dari semua metode program kehamilan itu, tidak ada satupun yang bisa memberikan jaminan 100% sekalipun.

Nah setelah pasangan menentukan solusi apa yang akan di ambil dalam program kehamilan, maka dimulailah rangkaian persiapan seperti : persiapan kesehatan fisik, mental, hingga persiapan biaya.

Pada program bayi tabung, biasanya akan dipilih sel telur dan sel sperma terbaik untuk dilakukan metode pembuahan in vitro (di laboratorium). Lalu hasil pembuahan (biasanya lebih dari satu) akan di"tanam"kan ke dalam rahim. Itu pulalah yang menjelaskan mengapa biasanya pasangan yang menjalani bayi tabung, biasanya mendapatkan kehamilan kembar.

Dengan makin canggihnya teknologi bayi tabung, tingkat keberhasilannya pun belakangan makin tinggi. Pasangan yang sedang menjalani program hamil, perlu lebih cermat dan bijak dalam memilih solusi promil dan usahakan lakukan program hamil alami terlebih dahulu. Jika kemudian diputuskan untuk mencoba assisted reproductive technology (bayi tabung), maka sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan ahli fertilitas.

Dari semua usaha yang kita lakukan, yang paling penting adalah berserah pada Tuhan Yang Maha Kuasa, dengan harapan tiap usaha kita dimudahkan dan dilancarkan hasilnya. Semoga semua impian Moms bisa dikabulkan dan dilancarkan dalam perjuangannya mendapatkan keturunan untuk menjadi penerus keluarga terbaik.