Siapa sih, yang tidak mengenal tauge? Tauge adalah bahan pangan yang populer di Indonesia. Tauge digemari karena rasa dan teksturnya yang renyah bisa dijadikan berbagai macam variasi makanan, mulai dari ketoprak, soto, tumisan sampai isian lumpia. 

Selain itu, tauge juga terkenal akan khasiatnya untuk kesuburan pria dan wanita sehingga sering menjadi primadona bagi pasangan yang sedang melakukan program hamil. Tapi apa khasiat tersebut beneran fakta atau hanya mitos belaka, ya, Moms? 

Tahukah,Moms, sebenarnya tauge merupakan hasil perkecambahan dari semua jenis biji kacang. Di dunia, yang paling sering dimanfaatkan adalah kecambah biji kacang hijau dan kacang kedelai. Namun, orang Indonesia sendiri lebih menyukai kecambah kacang hijau. Nah, ternyata kecambah memang memiliki nilai gizi yang lebih padat dibandingkan kacangnya sendiri, Moms. 

Tidak hanya kaya kandungan protein nabati, tauge juga mengandung kadar vitamin C, B kompleks, zat besi, seng, kalsium, fosfor, magnesium, dan kalium yang cukup signifikan. Bukan cuma kaya vitamin dan mineral, tauge juga tinggi serat dan rendah kalori. 

Kecambah juga memiliki kandungan saponin yang lebih tinggi sehingga mampu mengurangi lemak jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) di dalam tubuh tanpa mengurangi si lemak baik atau High Density Lipoprotein (HDL). Wah, banyak sekali ya kebaikan yang dimiliki tauge. 

Lantas apakah tauge memang bisa meningkatkan kesuburan? Dikutip dari laman KlikDokter, dr. Dyah Novita Anggraini mengatakan bahwa tauge memang dapat meningkatkan kesuburan, karena tauge bisa meningkatkan kualitas sel telur dan sperma sehingga kesempatan untuk terjadinya konsepsi atau pembuahan lebih tinggi. Tauge juga memiliki kandungan vitamin E yang tinggi yang merupakan antioksidan dan mampu melindungi sel sperma dan sel telur dari kerusakan akibat radikal bebas. Sehingga juga meningkatkan kemungkinan terjadinya pembuahan. 

Nah, berarti kesimpulannya, tauge punya manfaat kesuburan itu fakta ya, Moms. Walau begitu, bukan berarti Moms yang berencana program hamil cukup dengan makan tauge saja. Jangan sampai Moms hanya makan tauge tiap hari, karena tidak ada satupun sumber pangan tunggal yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi manusia. Tetap harus divariasikan dengan sumber gizi yang lain agar asupan gizinya tetap seimbang. 

Moms dan Dads juga tidak boleh lupa berolahraga, agar metabolisme tubuhnya paripurna. Manajemen stresnya juga tidak boleh ketinggalan, ya, Moms, karena stres juga berdampak langsung pada kualitas sperma dan sel telur. Semangat terus untuk semua Moms yang sedang program hamil!