Moms pernah mendengar istilah ritme sirkadian belum? Ritme sirkadian adalah pengaturan jam biologis tubuh yang mengendalikan segala fungsi organ tubuh manusia. Jadi, setiap jam tidur, makan, dan beraktivitas yang tubuh kita lakukan itu berdampak langsung pada fungsi dan kinerja organ-organ penting di dalam tubuh kita. Ritme sirkadian ini juga yang mengatur jam Moms mengantuk dan bangun di pagi hari. 

Ritme sirkadian ini dipengaruhi oleh dua hormon, yaitu melatonin dan kortisol. Produksi hormon melatonin ini dipengaruhi oleh rangsangan cahaya pada mata, Moms. Hormon melatonin adalah hormon yang akan membantu Moms untuk tidur, dan hormon ini akan diproduksi oleh kelenjar pineal ketika mata kita menangkap kegelapan--pertanda hari sudah malam. Ketika kadar melatonin meningkat di dalam tubuh, Moms akan merasa mengantuk, hormon estrogen dan progesteron pun ikut dilepaskan oleh hormon LH dan leptin. Kedua hormon ini sangat berpengaruh pada kesuburan. Makanya, ketika jam tidur Moms terganggu, keseimbangan hormon reproduksi Moms pun ikut kacau dan bisa berimbas pada gangguan siklus haid. Tentunya ini berita buruk untuk Moms yang sedang program hamil. 

Terus, kalau terlanjur punya jam tidur yang berantakan, bagaimana cara memperbaikinya? Nah, Moms bisa coba tip berikut ini: 

Kelola stres dengan baik 

Stres dapat menyebabkan hormon kortisol naik, dan mencegah Moms untuk merasa relaks. Ini akan berdampak pada kualitas tidur yang buruk. Untuk mengatasinya, Moms bisa berlatih teknik pernapasan perut, seperti teknik bernapas 478 atau latihan yoga. 

Mematikan alat elektronik 

Cahaya biru yang dipancarkan oleh berbagai gawai seperti ponsel atau televisi bisa 'menipu' tubuh dan membuatnya ke 'moda' waspada. Sehingga ini akan membuat Moms semakin sulit tidur. Matikan semua alat elektronik minimal 2 jam sebelum jam tidur dan jangan membawa ponsel ke dekat ranjang. 

Membatasi konsumsi kafein 

Bagi Moms yang punya kesulitan tidur, konsumsi kafein dapat membuat Moms semakin terjaga. Hindari minuman berkafein seperti kopi, minimal 5 jam sebelum jam tidur. 

Berjemur matahari 

Salah satu cara yang harus ditempuh untuk mengembalikan ritme sirkadian adalah dengan paparan sinar matahari pagi. Sinar matahari yang terang diketahui dapat meningkatkan ovulasi dan memperbaiki suasana hati. Moms bisa berjalan santai di pagi hari sambil latihan pernapasan untuk relaksasi. 

Pola tidur yang baik akan meningkatkan kualitas kesehatan Moms secara umum. Hal ini tentunya juga akan berdampak baik pada keberhasilan program hamil yang sedang Moms rencanakan. Jadi, usahakan minimal tidur berkualitas 7-8 sehari ya, Moms.