Siapa yang setelah punya anak, jadi  jarang berkencan dengan suami? Saya termasuk yang jarang kencan dengan suami setelah hadirnya Alicia. Padahal semasa baru menikah, hampir tiap hari kami kencan. Maklum kami menikah tanpa proses pacaran terlebih dahulu, jadi pacarannya ya sesudah halal, he..he..he... 

Lantas, bagaimana perasaan kita, yang terbiasa kencan, setelah punya anak, jadi jarang? Ya, awalnya sih, agak aneh, sepertinya waktu untuk berdua saja dengan suami jadi  berkurang. Sebenarnya, wajar saja sih, soalnya sudah ada Alicia, jadi kebiasaan kami berubah. Waktu kami habis untuk mengurus Alicia. Kalau pun ada waktu untuk kencan, kok jadi enggak tega meninggalkan Alicia di rumah nenek nya. 

Tapi saya dan suami sadar bahwa kami harus punya waktu atau quality time berdua, dengan berkencan agar rumah tangga kami tetap harmonis. Meski kesannya sepele, tapi berkencan ternyata penting lho, untuk pasangan yang telah menikah. Psikolog dan pakar hubungan Melanie Schilling bahkan menilai bahwa berkencan bukan hanya penting, melainkan sangat mendesak untuk dilakukan. “Jika Anda bisa mengatur kencan seminggu sekali, itu akan sangat baik. Dua minggu sekali pun sudah baik,” kata Melanie kepada The Huffington Post Australia. 

Agar acara kencan berkesan, coba deh, Moms melakukan hal-hal berikut: 

Berdandan yang cantik 

Layaknya pasangan muda atau sedang dimabuk cinta, Moms harus berdandan cantik seperti zaman pacaran dulu. Kalau Moms terlihat berbeda dari biasanya, tentunya pasangan akan pangling pada Moms dan akan menumbuhkan kembali getar-getar cinta di hatinya. 

Berikan kecupan 

Walau pun kesannya biasa, namun kencan tanpa kecupan apalah artinya, bagai sayur tanpa garam, hambar. Moms bisa menyemprotkan parfum beraroma favorit agar suami dapat tergoda dengan harumnya tubuh Moms. 

Biarkan suami memuji 

Saat berkencan, biarkan suami memuji Moms. Jangan menyangkal kalimat- kalimat pujian yang keluar dari mulutnya. 

Titipkan anak

Ini poin penting jika ingin berkencan keluar rumah demi quality time dengan pasangan. Titipkan anak sebentar sama neneknya. Kalau kencan di rumah, pastikan anak sudah kenyang dan tertidur pulas agar kencan Moms dan Dads tidak terganggu. 

Selama kencan, sebaiknya Moms hindari hal-hal ini, ya: 

Asik main gadget 

Siapa yang tidak kesal, saat kencan dia asik main gadge atau sibuk berinteraksi sosial di dunia maya. Kalau ini yang terjadi, kencan dipastikan akan berakhir dengan pertengkaran. 

Mengoreksi kekurangan pasangan 

jangan sekali-kali, acara kencan terganggu dengan hal-hal yang bersifat kritikan, seperti mengoreksi kekurangan pasangan, baik fisik maupun sifatnya. Hal ini bisa jadi bumeran dan membuat acara berantakan. 

Bahas masalah rumah tangga 

Hindari dulu membahas persoalan keluarga, termasuk anak-anak saat kencan. Setidaknya ada tiga manfaat kencan untuk para pasangan yang sudah memiliki anak, yaitu memiliki waktu yang lebih intens untuk berkomunikasi. Membantu pasangan suami-istri untuk lebih berkomitmen dalam mempertahankan pernikahan dan melepas stres dari urusan kantor, pekerjaan rumah tangga, dan kewajiban dalam mengasuh anak. 

Yuk, Moms dan Dads luangkan waktu untuk berkencan agar rumah tangga tetap harmonis dan ikatan di antara kalian semakin erat.