Meski niatnya ingin menjalani hari tua bersama-sama, terkadang ada hal-hal tak terduga yang bisa membuat hubungan cinta tidak berjalan mulus. Salah satu yang paling ditakuti oleh semua pasangan adalah perselingkuhan. 

Pakar hubungan Gail Gross Ph.D., Ed.D., M.Ed. menyatakan bahwa perselingkuhan bisa menjadi indikasi adanya hal yang tidak sehat dalam hubungan cinta, entah itu komunikasi yang kurang lancar, sedikitnya waktu yang dihabiskan bersama-sama, maupun masalah dengan keluarga besar. Atau bisa juga—menurut Gail, ketidaksetiaan memang sudah jadi karakter ‘bawaan’ dari individu tersebut.

Walaupun amat tidak disarankan untuk menuduh pasangan berselingkuh tanpa dasar yang kuat, beberapa perubahan perilaku berikut ini bisa menjadi pertanda pasangan telah bersikap tidak setia: 

Komunikasi tidak selancar biasanya

Biasanya, perubahan dalam cara dan intensitas berkomunikasi merupakan hal pertama yang akan mengalami perubahan ketika pasangan melakukan perselingkuhan. Kalau biasanya Moms dan pasangan terbiasa saling bercerita tentang pengalaman sehari-hari, maka Moms patut merasa curiga bila pasangan bersikap menutup diri dan tampak enggan untuk berbagi cerita tentang hari-harinya. 

Bahasa tubuhnya berubah

Sebagai pasangan, Moms tentu tahu seperti apa bahasa tubuh pasangan dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana caranya menyapa, memberikan tanggapan jika diajak berbicara, seperti apa reaksinya ketika mengomentari isu-isu tertentu, ekspresi wajahnya, dan lain-lain. Ketika pasangan berselingkuh, bahasa tubuhnya dalam berbagai situasi—termasuk saat sedang bermesraan dan melakukan hubungan intim, bisa ikut mengalami perubahan 

Menarik diri secara emosi

Jika sehari-harinya Moms dan pasangan terbiasa bersikap saling terbuka dan tidak malu mengutarakan hal-hal dirasakan, wajar saja bila Moms merasakan ada sesuatu yang salah ketika pasangan mendadak menjaga jarak dan bersikap tertutup. Perilaku menutup diri bisa menjadi salah satu tanda pasangan telah menemukan orang lain yang bisa menjadi tempat mencurahkan isi hati.

Memberikan perhatian secara berlebihan

Bertolak belakang dengan menjaga jarak dan bersikap tertutup, penelitian yang diterbitkan dalam Personality and Social Psychology Bulletin menyatakan bahwa orang yang berselingkuh biasanya memendam perasaan bersalah dan punya kecenderungan untuk mengobatinya dengan menunjukkan sikap manis yang berlebihan pada pasangan resminya. 

Mendadak jadi lebih sibuk dari biasanya

Jadwal kerja pasangan tiba-tiba menjadi lebih lama dan frekuensinya lebih sering dibandingkan sebelumnya, tanpa penyebab yang jelas—seperti ada proyek baru, kenaikan jabatan, dan sejenisnya? Hati-hati Moms, karena bisa jadi ini adalah pertanda pasangan punya kesibukan baru yang tidak ada hubungannya dengan dunia kerja. 

Punya kehidupan rahasia di media sosial

Media sosial merupakan sarana efektif untuk menjalin komunikasi dengan orang yang letaknya berjauhan, tak terkecuali dengan para mantan dan wanita idaman lain, Moms. Meski tidak semua sepak terjang pasangan di dunia digital menjurus pada perilaku tidak setia, namun durasi jam terbang yang terlalu tinggi di media sosial bisa menjadi ‘lampu kuning’ yang membahayakan hubungan. Terlebih jika ada nama tertentu yang secara khusus berada di atas feed dan timeline, menunjukkan tingkat interaksi yang lebih tinggi dibandingkan dengan akun lainnya. 

Tak pernah lepas dari telepon genggam

Ke mana pun pasangan pergi, baik sekadar mengambil minuman di dapur, beres-beres di kebun, maupun saat ke kamar mandi, telepon genggam tak pernah absen dibawanya. Perilaku ini bisa jadi karena pasangan sedang menantikan kedatangan pesan penting perihal pekerjaan atau karena dia ingin menyembunyikan komunikasinya dengan orang tertentu di dalam daftar kontak. Moms bisa curiga bila pasangan selalu meninggalkan ruangan ketika menerima panggilan, berbicara dengan nada hening, atau bersusah payah menyembunyikan layar ketika sedang membalas pesan. 

Perilaku belanja yang tidak biasa

Saat sedang menjalin hubungan romantis, pria biasanya akan menjadi lebih royal dan menghabiskan lebih banyak uang untuk menyenangkan kekasihnya tersebut. Bila Moms memiliki rekening bersama dan mendapati tanda-tanda seperti penarikan dana tunai dalam frekuensi yang lebih sering daripada biasanya, itu bisa menjadi semacam ‘alarm’, karena transaksi dengan uang tunai biasa digunakan untuk menghapus jejak perselingkuhan. 

^IK