Hidup berumah tangga sudah pasti tidak akan lepas dari sengketa dan konflik. Hal ini karena suami istri adalah dua individu yang memiliki pola pikir dan pandangannya sendiri terhadap berbagai hal. 

Perbedaan pendapat sebenarnya bukanlah hal yang buruk, selama diekspresikan dengan cara yang dewasa dan sehat. Belajar menjadi manusia dewasa yang sanggup sepakat untuk tidak sepakat adalah salah satu fondasi untuk membangun rumah tangga yang tumbuh dan sehat. Namun, kadang tidak hanya perbedaan pendapat yang membuat pasangan bertengkar. Ada juga hal-hal sepele yang memicu keretakan rumah tangga. 

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Lauren Papp, seorang peneliti dari Fakultas Ekologi Manusia di University of Madison-Wisconsin, ada beberapa hal yang umum dijadikan alasan pertengkaran pasangan yang telah menikah, di antaranya:

Menghina Teman Pasangan 

Dalam studi yang mengumpulkan 100 orang suami dan 100 orang istri untuk mendokumentasikan hal-hal yang membuat mereka bertengkar selama 15 hari ini, Papp dan rekan-rekannya menemukan bahwa pertengkaran tentang teman pasangan menjadi 7.1% hal yang dipertengkarkan oleh para suami dan 8.1% untuk para istri. Menariknya, di sebuah studi yang lain, disebutkan bahwa ketika suami membenci teman istrinya, hal ini merupakan faktor penyebab perceraian yang signifikan, tetapi tidak sebaliknya. Kemungkinan karena rata-rata pria tidak punya banyak teman untuk dibenci istrinya. 

Mengkritisi Anggota Keluarga Pasangan 

Entah itu soal ibu mertua atau saudara pasangan, pertengkaran soal anggota keluarga dari pasangan merupakan hal yang bisa menjadi cikal bakal keretakan rumah tangga. Dalam suatu studi yang lain menyebutkan bahwa jika istri terlalu dekat dengan keluarga suaminya di awal pernikahan, akan meningkatkan kemungkinan perceraian sebanyak 20%. Namun, jika sebaliknya suami yang dekat dengan keluarga istrinya, derajat kemungkinan perceraian justru turun sebanyak 20%. Hal ini mungkin karena pria lebih kurang bisa menerima ketika ibu atau anggota keluarganya dikritisi dibandingkan wanita yang cenderung mencoba mengerti. 

Pekerjaan Domestik Rumah Tangga 

Walaupun pekerjaan domestik tidak banyak menjadi alasan pertengkaran pasangan yang anak-anaknya sudah besar, namun berbeda dengan orangtua dengan anak yang masih kecil. Sebanyak 25.1% suami dan 24.1% istri mengeluhkan alasan ini sebagai penyebab pertengkaran mereka dengan pasangan. Soal pembagian pekerjaan domestik yang tidak berimbang adalah salah satu hal yang disebut sebagai penyebabnya. Namun, ternyata soal istri yang seringkali mengkritisi hasil pekerjaan domestik suaminya yang tidak rapi juga menjadi penyebab malasnya para suami membantu istrinya. Hal ini berujung pada pertengkaran yang jika dibiarkan terus-terusan bisa berakibat fatal. 

Hal lain yang ditemukan Papp sering menjadi penyebab pertengkaran adalah soal kepribadian pasangan, uang, cara bersenang-senang, intimasi, komitmen, kebiasaan, pekerjaan, komunikasi, dan soal pengasuhan anak. Nah, apakah hasil studi ini akurat menurut Moms? 

Sumber: Fatherly