Dikehendaki atau tidak, pernikahan mengubah kehidupan Moms dan Dads 180 derajat, terlebih lagi jika Moms memiliki anak. Anak membutuhkan perhatian lebih dari orang tua,   terutama pada tahun-tahun pertama perkembangannya. 

Hal ini lah yang terkadang menyebabkan Moms lupa betapa pentingnya menghabiskan quality time bersama Dads.  Beberapa pasangan mungkin lupa bahwa pondasi penting yang membuat pernikahan tetap kuat tidak hanya dengan menjadi orang tua yang baik, tetapi juga menjadi pasangan yang harmonis. 

Seberapa penting quality time bersama pasangan? 

Menjaga hubungan yang berkualitas dapat membantu masing-masing pasangan merasa lebih baik akan dirinya sendiri, menjadi lebih produktif, dan mampu menghadapi tantangan-tantangan dalam membesarkan anak. Ini artinya, menjaga quality time sebagai pasangan tidak hanya memperbaiki kedekatan hubungan, tetapi juga membantu Moms dan Dads menjadi orang tua yang bahagia, serta efektif dalam mengasuh anak. Dampak positifnya, anak akan tumbuh dengan menjadi anak yang bahagia karena berada dalam asuhan orang tua yang memiliki hubungan yang sehat. 

Lantas, bagaimana menjaga quality time jika si Kecil masih bayi yang sering terbangun di malam hari? Jangankan memiliki waktu berdua dengan pasangan, waktu untuk diri sendiri pun rasanya sulit didapat. 

Pada kondisi apa pun, menikmati quality time tetap penting dilakukan, Moms.  Ikuti tip di bawah untuk menjalin quality time yang romantis bersama pasangan setelah menikah dan memiliki anak: 

  1. Habiskan waktu berdua di malam hari 

Waktu yang tepat untuk menikmati quality time berdua adalah di malam hari, ketika kesibukan berkurang dan anak sudah tidur. Moms dan Dads dapat mengisi waktu dengan memasak bersama, candle-light dinner sederhana di rumah, menonton film, atau mungkin sekadar mengobrol berdua dengan Dads. 

  1. Menghabiskan waktu bersama setidaknya 10 menit setiap hari 

Sesibuk apa pun atau sepadat apa pun kesibukan Moms dan Dads, tetap luangkan waktu setidaknya 10 menit sehari untuk menikmati waktu berdua. Bisa dengan bercanda, ngopi atau ngeteh berdua di beranda rumah, atau lainnya. 

  1. Titipkan anak pada anggota keluarga lainnya 

Sesekali Moms dan Dads dapat menitipkan si Kecil pada anggota keluarga lainnya untuk sekadar jalan berdua di sekitaran taman rumah, makan di luar atau menonton bioskop. Jika memungkinkan, Moms bisa staycation singkat 1-2 hari . 

Gimana nih, Moms sudah menyempatkan diri untuk quality time kah hari ini?