Sehabis melahirkan ingin memulai hubungan seksual namun ada rasa takut menghampiri, takut sakit,takut jahitan lepas bahkan ada rasa takut hamil lagi, terlebih bagi yang melahirkan sesar. Lalu akan muncul pertanyaan kapan sih, waktu yang tepat memulai hubungan seks pasca melahirkan? 

Setelah melahirkan umumnya 6 minggu sudah bisa melakukan aktivitas seksual lagi namun itu semua tergantung pada kesiapan Moms dan pasangan. Serviks Moms membutuhkan waktu sekitar 6 minggu untuk tertutup secara sempurna. Moms bisa berkonsultasi pada dokter jika Moms ingin melakukan hubungan intim lebih cepat. 

Baca Juga : Percepat Penyembuhan Setelah Persalinan Sesar

Meski luka sayatan sudah dinyatakan kering oleh dokter namun Moms masih khawatir akan sakit saat melakukan hubungan intim dengan pasangan, mungkin beberapa posisi seks ini dapat membantu Moms untuk memulai hubungan seksual. 

Woman On Top 

Posisi ini adalah posisi dimana Moms duduk di pangkuan Dads. Selain Moms akan menyukai posisi ini, women on top juga akan mencegah perut Moms mengalami tekanan yang berlebihan.

Spooning 

Posisi ini tidak menekan perut. Posisi ini juga sangat dinikmati para pasangan, karena Dads bisa langsung melakukan penetrasi tanpa perlu kerja keras. 

Missionaris 

Posisi ini jadi andalan banyak pasangan. Agar bisa menyenangkan bagi Moms dan Dads,  Moms bisa memodifikasi posisi, terutama agar aman setelah operasi sesar. Caranya, dada berlutut dan menduduki kedua tumitnya, dia bisa mengangkat kaki dan pelvis Moms untuk melakukan penetrasi. Nah, posisi ini akan mencegah tekanan atau beban pada perut Moms. Agar posisi Moms semakin nyaman, Moms bisa meletakkan bantal di bawah pantat.

Doggy style 

Berdiri untuk mengatasi rasa sakit saat melakukan doggy style.  Moms bisa memodifikasi posisi ini dengan cara berdiri.Caranya, Moms berdiri di tepi ranjang atau di pinggiran meja, biarkan Dads melakukan penetrasi sambil berdiri. Selain itu, sebaiknya sebisa mungkin saat melakukan posisi ini, hindari gesekan atau tekanan di bagian bawah perut Moms ya. 

Baca Juga : Dipersiapkan Saat Melahirkan Caesar

Itulah keempat posisi seks yang aman setelah operasi sesar yang dapat Moms coba. Setiap orang mempunyai kesukaan yang berbeda,  ada baiknya Moms mencoba berbagai posisi seks yang nyaman untuk Moms. 

Selain itu harus diperhatikan juga tipnya  Moms agar bercinta aman : 

  1. Konsultasikan ke dokter kandungan atau bidan terlebih dulu untuk mengetahui waktu yang tepat sesuai kondisi Moms, serta mengkonsultasikan kontrasepsi yang cocok, untuk menunda kehamilan dalam waktu dekat.
  2. Setelah habis masa nifas -umumnya terjadi selama 40 hari- karena pendarahan seusai bersalin sudah berhenti serta luka operasi mulai benar-benar pulih. 
  3. Hanya bila Moms sudah siap. Moms mungkin merasa ‘masih sangat lelah’ seusai bersalin, ditambah lagi Moms masih beradaptasi dengan hadirnya bayi baru. Ya, jam tidur otomatis berantakan. 
  4. Melakukan foreplay. Akibat terjadi perubahan hormonal, Moms akan merasa vaginanya kering. Pancing dengan pemanasan sebelum bercinta. 

Semoga dengan posisi seks yang nyaman dapat meningkatkan hubungan keharmonisan rumah tangga. Kalau masih ragu konsultasikan pada dokter kesayangan ya Moms, jangan ragu juga untuk menunda jika belum siap.

Baca Juga : Persiapan Melahirkan di Tengah Pandemik