"Menikah denganmu Deb sama artinya dengan bernapas. Sejak kita bertemu, Aku tahu takdir kita adalah untuk bersama. Selama 25 tahun ini cinta kita terus bertumbuh semakin kuat. Kesenangan, kegembiraan, dan petualangan lebih terasa menggembirakan, pembelajaran hidup bahkan lebih besar. Aku merasa bersyukur bisa berbagi cinta, hidup, dan keluarga bersama denganmu. Ini baru saja dimulai. Deb, aku mencintaimu dengan sepenuh hatiku!"

Kalimat yang sangat indah dan menyentuh hati ini ditulis oleh aktor kenamaan Hugh Jackman, di Instagram-nya. Pada tahun ini, ia untuk merayakan ulang tahun perak perkawinannya bersama istrinya, Deborra-Lee Furness. Bersama kalimat tersebut, Hugh juga memajang foto pernikahan mereka pada 25 tahun silam. So sweet ya Moms…

Tak ada yang menyangka perkawinan Hugh dan Deborra-Lee akan berjalan langgeng. Pernikahan mereka pun rukun dan bahagia. Padahal usia Hugh dan istrinya terpaut jauh. Sewaktu menikah, pemeran The Greatest Man ini berusia 26 tahun dan baru lulus kuliah. Sementara Deborra Lee sudah mendekati usia kepala 4. Di dalam usia perkawinan yang panjang ini pun mereka tidak dikaruniai anak kandung. Apakah rahasia perkawinan yang awet dan minim gosip dari aktor sebesar Hugh Jackman? 

Kenyamanan menjadi kunci

Dalam wawancara dengan Today.com pada 2018, Hugh mengatakan ada satu hal yang menyakinkannya bahwa Deborra Lee merupakan cinta dalam hidupnya, yaitu istrinya ini selalu membuatnya merasa nyaman, apa pun situasinya. “"Sampai Anda merasakan nyaman dengan pasangan, Anda tidak benar-benar tahu apakah Anda dapat terus  bersama-sama. Bagi saya, sejak pertama bertemu, Deb dan saya sudah memiliki perasaan itu,” katanya. “Rasanya melegakan.  Saya bisa menjadi diri sendiri sejak kali pertama berjumpa. Ini bukan berarti kami tidak pernah berdandan untuk saling mengesankan, tetapi menjadi nyaman adalah kuncinya."

Menjaga agar tidak terpisah lama

Waktu syuting yang panjang atau lokasi syuting berjauhan, bahkan terpisah benua, seringkali membuat kehidupan perkawinan para selebriti hancur di tengah jalan. Dalam kehidupan perkawinan lainnya, mungkin, Moms dan Dads  mengalami kehidupan perkawinan yang terpaksa terpisah oleh karena  pekerjaan pasangan.  Nah,  Hugh dan Deborra Lee memiliki prinsip untuk tidak terpisah terlalu lama. Mereka menetapkan batas waktu terpisah ini tidak lebih dari dua minggu.

Adalah Deborra-Lee yang memberikan ide untuk aturan ini. Hugh bertemu dengannya, saat Deborra sudah menyelesaikan 20 film. Itu sebabnya ia sangat mengerti bahwa jarak benar-benar mempengaruhi keintiman pasangan. "Deb mengatakan, 'itu bukan masalah kamu pergi dengan lawan mainmu, atau sebaliknya. Tapi ketika seseorang terbiasa hidup terpisah. Kamu akan terbiasa menyelesaikan masalahmu sendiri," kata Hugh mengungkapkan alasan istrinya. Demi aturan ini Hugh rela mengeluarkan bujet lebih untuk menyewa jet pribadi agar bisa tiba di rumah pada waktunya. 

Tidak sama-sama sibuk

Banyak pasangan saling mengejar karier masing-masing dengan atas nama profesionalitas atau untuk  meningkatkan ekonomi keluarga. Namun tidak demikian prinsip perkawinan Hugh dan Deborra. “Sebisa mungkin kami tidak akan bekerja pada waktu yang sama. Jadi, salah satu dari kami selalu ada untuk mendukung yang lain," kata Hugh.

Bangun ikatan yang kuat

Hugh mengakui bahwa keberuntungannya dalam berkarier di dunia film datang terlambat. Ia bertemu Deborra Lee pada Oktober 1994, saat mengikuti sebuah audisi TV show Australia, Corelli. Hugh bukan siapa-siapa di dalam dunia akting, sedangkan Deborra Lee sudah menjadi aktris papan atas di Australia. Tapi itulah yang membuat hubungannya bersama sang istri jauh lebih kuat. "Saya dan Deb sudah bersama, membentuk tim yang kompak, dan jatuh cinta, sebelum akhirnya keberuntungan dalam karier saya hadir," ungkap pria yang mendapatkan ketenaran berkat perannya sebagai Wolverine.

Keluarga prioritas utama

Dikutip dari People, Hugh mengatakan bahwa dia dan sang istri sudah melihat dan merasakan bahwa perkawinan tidak selalu  bahagia. "Kami merasakan sendiri, pernikahan itu ada masa naik turun. Meski begitu, bagi kami keluarga adalah prioritas, dan kami selalu ada untuk satu sama lain apa pun yang terjadi,” kata Hugh menegaskan.

Tidak memiliki anak kandung bukan masalah

Meskipun sang istri tak bisa memberikannya keturunan, bukan alasan bagi aktor  ini  berpaling kepada wanita lain. Ia memilih untuk tetap bersama membangun rumah tangga yang utuh dan harmonis. Deborra Lee mengalami keguguran sebanyak dua kali. Akhirnya Hugh dan istrinya memutuskan untuk mengadopsi dua orang anak, Oscar Maximillian yang kini berusia 20 tahun, dan Ava Eliot yang saat ini berusia 15 tahun.

Fokus pada cinta pertama

Saat ini Hugh Jackman berusia 52 tahun, baru sedikit melewatia usia 50-an, sedangkan Deborra-Lee di pertengahan 60-an, tepatnya usia 65 tahun. Tubuh Hugh masih kekar dengan ketampanan yang memukau. Sementara tubuh Deborra-Lee mulai menggemuk dan kerut di wajah mulai terlihat nyata, meski kecantikannya tetap tidak pudar. 

Semua perubahan istrinya ini tidak menyurutkan cinta Hugh. "Dari hari pertama bertemu, kita merupakan best mates,” kata Hugh. "Kita benar-benar klik. Kita bisa benar-benar tertawa lepas, kita benar-benar seperti terhubung satu sama lain,” lanjutnya. 

Perbedaan usia yang kian nyata terlihat juga bukan masalah baginya. "Jika orang lain bertemu istriku, mereka akan mengatakan, 'Kamu benar, Hugh, istrimu benar-benar luar biasa,' tuturnya. "Setiap orang yang bertemu Deb akan menyukainya. Jadi, anggapan aneh karena istriku lebih tua merupakan sebuah kesalahan. Dan membuat saya begitu sedih karena orang-orang (kerap kali mengatakan bahwa istriku lebih tua dariku). Mereka memahaminya secara salah." ungkapnya.