Saat pandemi seperti sekarang ini kita diharuskan untuk membatasi aktivitas di luar rumah, termasuk olahraga bersama si Kecil yang biasa Moms lakukan sebelumnya. Tapi enggak perlu khawatir Moms, olahraga bersama si Kecil bisa tetap dilakukan di rumah, kok. Ada banyak ide olahraga rumahan yang bisa dilakukan bersama si Kecil. Inilah beberapa di antaranya: 

Senam 

Senam adalah salah satu jenis olahraga yang paling mudah dilakukan. Bahkan, Moms bisa mengajak si Kecil untuk melakukannya di ruang keluarga. Moms  bisa berperan sebagai instruktur senam dan mengarahkan berbagai gerakan sederhana yang bisa ditiru si Kecil. Moms juga bisa memutar video senam sederhana untuk ditiru bersama. Supaya si Kecil makin bersemangat, tambahkan musik pengiring pilihan si Kecil. 

Lempar bola 

Menjaga kesehatan anak dengan melatih motorik dan ketangkasannya bisa dilakukan dengan bermain lempar bola. Caranya, ajak si Kecil duduk berhadapan dengan Moms pada jarak tertentu. Misalnya, 1-3 meter. Setelah itu, tentukan orang pertama yang melempar bola. Tim tersebut harus melempar dengan tepat ke arah tim lawan. Sebaliknya, tim lawan harus berhasil menangkap bola yang dilempar.

Baca Juga : Aktivitas Seru dan Mendidik di Rumah

Lompat tali 

Alat olahraga di rumah tak perlu mahal. Bahkan Moms bisa mengajak si Kecil berlatih keseimbangan tubuh dan ketahanan ototnya dengan bermain lompat tali. Sediakan tali skipping atau karet gelang yang sudah dirangkai menjadi tali panjang. Lalu, ajak si Kecil melompat tali sebanyak-banyaknya. 

Hula hoop 

Seperti bermain lompat tali, olahraga satu ini juga memerlukan latihan terlebih dulu, terutama menjaga fokus dan keseimbangan agar hula hoop tidak jatuh. Olahraga ini cocok lho, bagi si Kecil yang menyukai tantangan dan tidak mudah menyerah. 

Yoga 

Yoga bukan cuma untuk orang dewasa, si Kecil pun bisa mencobanya bersama Moms. Bahkan ada beberapa teknik yoga untuk pernapasan, meditasi, dan peregangan yang memberikan manfaat bagi anak.Dilansir Parents, banyak sekali manfaat yang didapat jika anak melakukan yoga, di antaranya meningkatkan kapasitas paru-paru dan pernapasan, meningkatkan level energi, membangun kekuatan dan fleksibilitas otot, mengurangi kelelahan fisik maupun mental, meningkatkan fokus, meredakan kecemasan dan memperbaiki kualitas tidur, meningkatkan fungsi motorik halus. 

Squad 

Bila, Moms ingin mengencangkan bokong, squat adalah gerakan wajib. Jika si Kecil berusia balita, Moms bisa menjadikannya sebagai beban pengganti barbel dengan menggendongnya di bahu.Gerakan squat pun terbilang cukup mudah, yakni dengan berdiri tegak, dengan posisi kaki terbuka selebar pinggul. Letakkan tangan di pinggul. Luruskan punggung, busungkan dada, dan tarik otot perut ke arah dalam. Turunkan bagian bokong seolah-olah akan duduk dan tekuk lutut sembari pastikan posisi badan bagian atas tetap tegak. 

Itulah 6 ide olahraga bersama anak di rumah. Sebaiknya lakukan secara rutin ya Moms untuk mendapatkan manfaat yang optimal. Selamat mencoba Moms. 

Baca Juga : 3 Pilihan Olahraga Bersama Anak di Rumah