Pandemi COVID19 telah mengubah banyak hal di dalam kehidupan kita. Kita tidak lagi bebas beraktivitas di luar atau pun bergabung dengan acara-acara yang diikuti banyak orang. 

Berita baiknya, para orangtua yang dulu mengeluhkan kurangnya waktu bersama anak, kini mendapat kesempatan untuk menghabiskan waktu berkualitas lebih banyak karena anjuran bekerja dari rumah, sehingga memangkas waktu yang terbuang di perjalanan dari dan ke kantor selama ini.

Baca Juga : Cara Mudah Jalan 10.000 Langkah Selama Pandemi

Namun berbulan-bulan di rumah bisa membuat tubuh kita kaku karena jadi jarang bergerak. Oleh sebab itu baik kita maupun anak-anak, tetap dianjurkan rutin berolahraga, walau hanya di rumah. Tapi Moms bingung mau melakukan apa saat olahraga bersama anak di rumah? Nah, aktivitas berikut ini bisa dijadikan pilihan nih, Moms.

Bermain Bola 

Anak-anak terutama usia pra-sekolah sangat membutuhkan aktivitas fisik untuk menyalurkan energi dan mengasah kemampuan motorik mereka. Nah, bermain bola bisa jadi sarana yang seru untuk Moms dan Dads berolahraga bersama, sekaligus menstimulasi motorik si Kecil. Permainan lempar-tangkap bola atau bermain sepak bola bisa jadi pilihan yang menyenangkan. 

Bersepeda 

Jika Moms tinggal di lingkungan pemukiman yang sepi dan tidak banyak dilalui kendaraan bermotor, bersepeda bersama si Kecil adalah salah satu pilihan olahraga yang bisa diambil.

Baca Juga : Tip Aman Bersepeda Saat Pandemi

Menari 

Setel video anak-anak dengan musik yang ceria lalu menari bersama bisa jadi pilihan olahraga bersama anak di rumah yang praktis tetapi tetap menyenangkan lho, Moms. Banyak video anak-anak di kanal Youtube yang menyediakan musik dan koreografi sederhana yang mudah diikuti si kecil. Ajak Dads juga menari bersama.

Olahraga tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih bugar tetapi juga punya dampak baik ke kesehatan mental lho, Moms. Sebuah penelitian di Norwegia bahkan menemukan anak-anak usia 6 dan 8 tahun yang rutin melakukan aktivitas fisik yang kuat memiliki gejala depresi yang lebih sedikit setelah diperiksa dua tahun kemudian. Olahraga juga membuat tubuh kita mengeluarkan hormon kebahagiaan: endorfin, sehingga anak-anak yang aktif pun tidak hanya sehat namun juga bahagia. 

Nah, bagaimana, makin semangat bukan untuk merutinkan olahraga bersama anak di rumah? 

Baca Juga : Panduan Singkat Olahraga di Ruang Publik Saat Pandemi